facebook

3 Cara Membuat Pisang Hijau Cepat Masak dan Siap Makan

Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar
3 Cara Membuat Pisang Hijau Cepat Masak dan Siap Makan
Ilustrasi pisang. (Shutterstock)

Umumnya, pisang berwarna hijau merupakan pisang yang belum matang atau masak.

Suara.com - Pisang menjadi salah satu buah yang sering dikonsumsi masyarakat. Buah pisang umumnya dikonsumsi saat sudah berwarna kuning. Lalu, bagaimana dengan pisang berwarna hijau?

Umumnya, pisang berwarna hijau merupakan pisang yang belum matang atau masak. Tapi sebenarnya pisang hijau juga bisa dibuat cepat masak.

Menurut Direktur Komunikasi Korporat Dole Food Company, William Goldfield, pisang menghasilkan gas etilen yang memicu proses pematangan.

"Semakin kuning kulitnya, semakin matang buahnya. Begitu juga bintik-bintik gula merah yang muncul, di mana pisang mencapai puncak kematangannya," ungkap William melansir Insider.

Baca Juga: Pisang Hingga Wortel, 5 Buah dan Sayur yang Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur Anda

Ilustrasi pisang (Pexels/Dom J)
Ilustrasi pisang (Pexels/Dom J)

Pisang berwarna hijau disebut mengandung sedikit gula. Sedangkan pisang kuning dengan bintik-bintik memiliki kandungan gula yang lebih banyak.

William menambahkan, indikator kematangan pisang meliputi kemudahan mengupas, kelembutan buah, serta aroma pisang saat dipotong. Sedangkan pisang yang kurang matang dan berwarna hijau memiliki tekstur yang lebih kencang dan sulit dikupas.

Bahkan saat dikonsumsi, pisang ini memiliki aroma seperti mentimun. Berbeda dengan pisang yang sudah matang, pisang kuning memiliki warna yang lebih cerah, serta lebih manis saat dikonsumsi.

Bila Anda punya pisang belum matang alias masih berwarna hijau, ada tiga cara termudah untuk mematangkannya. Apa saja? Ini jawabannya!

1. Kumpulkan Pisang Hijau
Pisang hijau memiliki jumlah gas etilen, di mana jika dikumpulkan bersama akan mempercepat pematangan. Tentu yang harus Anda lakukan adalah, mengumpulkan buahnya dan letakkan di meja dapur. Setelah itu, periksa pisangnya setiap hari, dan lihat seberapa besar kematangannya sebelum dikonsumsi.

Baca Juga: Deretan Oleh-oleh Khas Bali Dengan Harga Terjangkau yang Paling Populer

2. Masukkan Ke Kantong Kertas Cokelat
Menurut William Goldfield, metode ini menjadi paling efektif untuk mematangkan pisang hijau lebih mudah. Caranya adalah, Anda bisa masukkan pisang hijau ke dalam kantong kertas coeklat. Dengan kantong kertas yang tertutup, pisang akan mengeluarkan gas etilen, sehingga pisang akan cepat matang.

3. Campur Dengan Potongan Apel
Jika Anda ingin mematangkan pisang hijau lebih cepat, Anda bisa campur dengan beberapa potongan apel ke dalam kantong kertas cokelat.

"Beberapa orang berteori bahwa memotong apel dan memasukkannya ke kantong cokelat berisi pisang, itu akan meningkatkan pematangan. Karena apel memiliki gas etilen yang sama dengan pisang," ungkap William Goldfield.

Tak hanya pisang dan apel, buah lainnya pun juga memiliki gas etilen yang sama. Adapun beberapa buahnya adalah alpukat, mangga, hingga pir.

Tapi sebelum mematangkannya, hati-hati untuk tidak memberikan tekanan panas berlebihan pada pisang. Karena itu dapat membuat pisang akan menghasilkan daging buah yang lunak dan lembek.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar