facebook

6 Manfaat Kantung Teh Celup Bekas yang Mengejutkan, Termasuk Menghentikan Pendarahan dan Menyembuhkan Luka Ringan

Rima Sekarani Imamun Nissa
6 Manfaat Kantung Teh Celup Bekas yang Mengejutkan, Termasuk Menghentikan Pendarahan dan Menyembuhkan Luka Ringan
Teh celup (shutterstock)

Simak manfaat kantung teh celup bekas untuk kesehatan yang pasti akan mengejutkan Anda. Jangan langsung membuang kantung teh celup bekas, ya!

Suara.com - Meskipun ide untuk menyeduh teh dari kantong teh celup bekas mungkin tidak menyenangkan, bahan ini dapat digunakan kembali untuk berbagai manfaat kesehatan. Manfaat kantung teh celup bekas cukup banyak, mulai dari menenangkan mata lelah hingga menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari.

Lalu, seperti apa kandungan teh celup yang memberikan manfaat bagus untuk kesehatan tersebut? Dilansir dari Times of India, Kamis (27/1/2022), simak beberapa manfaat kantung teh celup bekas untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui berikut ini.

Meredakan Sariawan

Kantung teh bekas bisa membuat sariawan di mulut terasa lebih baik dan cepat sembuh. Setelah membekukannya, letakkan kantung tes celup bekas di atas sariawan.

Baca Juga: 4 Manfaat Teh Daun Jati Cina, Amankah untuk Diet?

Ilustrasi teh celup. (Shutterstock)
Ilustrasi teh celup. (Shutterstock)

Menghentikan Pendarahan dan Luka Ringan

Kantong teh bekas dapat membantu menghentikan pendarahan, utamanya dari luka ringan. Tanin dalam teh membantu membekukan darah.

Masukkan kantong teh bekas ke dalam air panas, lalu tempelkan pada luka Anda selama 30 detik.Setelah darah berhenti keluar, Anda bisa membalut luka tersebut.

Mengobati bisul

Menempelkan kantong teh bekas yang basah pada bisul bisa membantu mengeringkan dan akhirnya, menyembuhkannya. Teh sarat dengan sifat antibakteri. Itulah kenapa kantong teh membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan dan rasa sakit.

Baca Juga: Minum Jus Mentimun Tiap Hari, Ini 4 Hal yang akan Terjadi pada Tubuh!

Mengatasi Gigitan Serangga

Manfaat kantung teh celup bekas berikutnya adalah membantu mengatasi gigitan serangga. Teh mengandung sifat antimikroba dan zat astringent. Tekan kantong teh lembab pada kulit yang terinfeksi dan itu akan mengurangi peradangan yang terjadi.

Secangkir teh celup. [shutterstock]
Secangkir teh celup. [shutterstock]

Menenangkan Efek Sengatan Matahari atau Sunburn

Menurut para ahli, epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yakni senyawa yang ditemukan dalam teh hijau, bekerja sebagai tabir surya. Fungsinya adalah melindungi kulit terhadap radiasi UV. Anda bisa mengoleskan kantong teh basah ke area yang terbakar sinar matahari.

Merawat Kesehatan Kaki

Kantung teh celup bekas juga bisa membantu merawat kesehatan kaki. Kandungan teh akan melembutkan kaki, menetralisir bau kaki dan menyehatkan kulit kaki. Masukkan teh celup bekas ke dalam ember berisi air panas, lalu gunakan untuk merendam kaki Anda.

Demikian beberapa manfaat kantung teh celup bekas yang tak terduga untuk kesehatan tubuh. Jadi, mulai sekarang, jangan langsung membuang kantung teh celup bekas usai menyeduhnya. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar