facebook

Jadi Sumber Nutrisi, Ini Ragam Manfaat Kacang Kedelai bagi Kesehatan

Risna Halidi
Jadi Sumber Nutrisi, Ini Ragam Manfaat Kacang Kedelai bagi Kesehatan
Ilustrasi tempe, kacang kedelai (pexels)

Manfaat kacang kedelai sangat beragam bagi kesehatan. Yuk ketahui lebih dalam!

Suara.com - Manfaat kacang kedelai sangat beragam bagi kesehatan. Kacang kedelai sendiri merupakan bahan pangan yang bisa diolah menjadi aneka makanan mulai dari tempe, tahu, tepung, susu, tauco, hingga kecap.

Kacang kedelai mengandung banyak nutrisi dan zat gizi mikro seperti protein, kalsium, seng, serat, fosfor, higga vitamin B1 dan B2. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ragam manfaat kacang kedelai untuk kesehatan

Ilustrasi kacang kedelai (Pixabay)
Ilustrasi kacang kedelai (Pixabay)

1. Menjaga Kesehatan Tulang
Kacang kedelai berfungsi untuk memperkuat dan menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sebab kacang kedelai salah satu sumber kalsium, protein dan antioksidan isoflavon. Jika dikonsumsi rutin bisa mengurangi risiko osteoporosis pada tulang lansia.

2. Menurunkan Kolestrol
Kacang kedelai mengandung serat dan lemak sehat yang tinggi, yang bisa mengurangi kadar kolesteol jahat LDL dan meningkatkan kolestrol baik HDL. Dengan begitu bisa mencegah penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga: Tempe Tak Baik bagi Pengidap Asam Urat? Begini Faktanya

3. Memelihara Kesehatan Organ Tubuh
Beberapa manfaat yang didapatkan dari kacang kedelai diantaranya menjaga kesehatan jantung, mengontrol tekanan darah, otak, ginjal dan mencegah penyumbatan darah. Hal ini karena kacang kedelai memiliki kalium, protein, lemak sehat dan antioksidan. Sehingga organ tubuh bisa berfungsi baik.

4. Meringankan Gejala Menopause
Menopause merupakan berakhirnya siklus menstruasi. Biasanya wanita merasakan gejala sering pusing, mudah berkeringat, vagina kering, sulit tidur dan lain-lain. Dengan mengkonsumsi kacang kedelai, bisa meringankan gejala itu, karena mengandung fitonutrien.

Ilustrasi Susu Kedelai (freepik)
Ilustrasi Susu Kedelai (freepik)

5. Mencegah Demensia
Rutin mengonsumsi kacang kedelai bermanfaat untuk memelihara fungsi otak dan meningkatkan memori agar mencegah demensia atau pikun.

6. Mengurangi Risiko Kanker
Kandungan fitonutrien dan antioksidan isoflavon dalam kacang kedelai bisa mengurangi risiko terpapar kanker, diantaranya kanker prostat dan kanker payudara.

7. Kaya Asam Amino Esensial
Asam amino esensial dibutuhkan oleh tubuh manusia, namun tidak bisa memproduksinya sendiri. Maka dibutuhkan asupan tambahan makanan, salah satunya kacang kedelai. Selain itu juga bisa sebagai asupan protein yang baik.

Baca Juga: Jangan Konsumsi Bayam Berlebihan, Ini Dampaknya Bagi Kesehatan

Kontributor : Muhammad Aris Munandar

Komentar