facebook

Rumah Berantakan dan Kotor Karena Hewan Peliharaan? Ini 6 Trik Membersihkannya!

Vania Rossa
Rumah Berantakan dan Kotor Karena Hewan Peliharaan? Ini 6 Trik Membersihkannya!
Rumah Berantakan dan Kotor Karena Hewan Peliharaan. (Shutterstock)

Bila tidak telaten dan rutin dibersihkan, hunian bisa berantakan dan kotor, bahkan mengeluarkan bau tidak sedap.

Suara.com - Bagi banyak pecinta binatang, rumah tanpa hewan peliharaan terasa sepi dan kurang lengkap. Tapi masalahnya, memelihara hewan di rumah juga berarti ada beberapa hal yang merepotkan. Salah satunya rumah berantakan dan kotor.

Belum lagi waktu dan tenaga yang harus dikeluarkan untuk merawat, biaya untuk perawatan dan membeli peralatan pendukung, sampai kebersihan rumah yang harus dikorbankan, terutama bila anabul masih kecil atau belum terlatih untuk buang air pada tempatnya.

Bila tidak telaten dan rutin dibersihkan, hunian bisa berantakan dan kotor, bahkan mengeluarkan bau tidak sedap. Maka dari itu, Anda memerlukan jadwal dan rutinitas perawatan hewan peliharaan dan pembersihan rumah yang efektif agar rumah tetap rapi dan bersih.

Dekoruma sudah mengumpulkan enam tips dan trik untuk membersihkan rumah akibat kelakuan anabul kesayangan yang belum bisa dikontrol. Ini dia.

Baca Juga: 5 Inspirasi Warna Cat Ruang Makan yang Mendukung Suasana Ramadan

1. Latih Hewan Peliharaan Buang Air di Luar Rumah
Sebelum melakukan tindakan pemeliharaan atau pembersihan, mencegah rumah menjadi terlalu kotor selalu jadi opsi yang lebih baik. Dimulai dengan melatih hewan peliharaan untuk buang air di luar rumah (potty training). Terutama kalau anabul Anda adalah anjing.

Kucing buang air di litter box yang relatif lebih bersih dan rapi. Sementara, anjing yang tidak terlatih cenderung buang air kecil dan besar sembarangan di dalam rumah.

Latih anjing untuk buang air di halaman rumah. Butuh beberapa minggu atau bulan agar anjing benar-benar mengerti dan patuh, namun membiasakannya buang air di luar rumah akan jauh mengurangi beban membersihkan rumah karena kotoran.

2. Ajari Anabul Agar Tidak Naik ke Sofa Atau Kasur
Aturan ini sebenarnya cukup fleksibel dan berbeda di setiap rumah, tergantung pemilik rumahnya. Ada pemilik hewan yang membolehkan hewan peliharaannya naik ke atas sofa atau kasur. Namun, tidak sedikit juga yang melarangnya untuk alasan kebersihan.

Bila Anda peduli dengan kebersihan, sebaiknya ajari anabul agar tidak boleh naik ke atas sofa atau kasur. Walaupun tidak buang air kecil atau besar, bulu yang menempel di sofa akan merepotkan untuk dibersihkan. Anda memerlukan penyedot debu atau harus mencuci sarung sofa.

Baca Juga: Ajak Hewan Peliharaan Ngabuburit, Ada New Pet Shop Konsep Terbaru di Gajah Mada Plaza

3. Taruh Hewan Peliharaan di Luar Rumah Atau Kandang Ketika Malam Hari
Apabila hewan peliharaan belum terlatih untuk buang air di luar rumah atau naik ke atas furnitur, sebaiknya menaruh hewan peliharaan di luar rumah atau dalam kandang ketika tidur di malam hari. Tanpa pengawasan, bukan tidak mungkin anabul akan buang air sembarangan.

Komentar