facebook

5 Hal yang Harus Dihindari Agar Pernikahan Harmonis dan Sehat

Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar
5 Hal yang Harus Dihindari Agar Pernikahan Harmonis dan Sehat
Ilustrasi pasangan (Pexels.com/Dewey gallery)

Sebelum itu, ada lima hal yang harus dihindari agar pernikahan tidak retak berikut ini.

Suara.com - Membangun hubungan rumah tangga harmonis bukan perkara mudah. Tak hanya soal melibatkan perasaan, tetapi ada hal-hal lainnya yang perlu diperhatikan oleh pasutri.

Misalnya urusan finansial, pendidikan anak, hingga nafkah. Semua pasangan pasutri pun ingin punya hubungan yang harmonis dan sehat.

Sebelum itu, ada lima hal yang harus dihindari agar pernikahan tidak retak. Simak selengkapnya seperti yang dikutip dari Times of India berikut ini.

Ilustrasi pasangan tak bahagia (pexels.com/Ron Lach)
Ilustrasi pasangan (pexels.com/Ron Lach)

1. Harapan yang Tidak Realistis
Sebagai pasangan, Anda harus memulai harapan bersama-sama. Tapi, jika harapan yang Anda bangun tidak realistis, ini akan berdampak bagi hubungan.

Baca Juga: Tunangan Kabur 4 Minggu sebelum Hari Pernikahan, Wanita Ini Jual Gaun Pengantin untuk Biaya Liburan

Ketika sedang membangun harapan, sebisa mungkin jangan menekan pasangan. Karena ini akan berujung pada kesalahpahaman, kebencian, hingga kepahitan.

2. Berhenti Saling Mengontrol
Hubungan rumah tangga memang tidak lepas dari yang namanya konflik. Coba llatih untuk menyeimbangkan diri bersama pasangan, dengan tidak saling mengontrol satu sama lain. Jika tidak dilakukan, ini akan berdampak negatif bagi hubungan.

3. Hindari Sifat Posesif Berlebihan
Perlu diketahui bahwa pasangan Anda bukan milik Anda sepenuhnya. Tidak peduli seberapa lama bersama. Memang, posesif atau rasa cemburu adalah hal wajar. Tapi jika posesif berlebihan, ini akan merusak hubungan rumah tangga ke depan.

4. Berhenti Mengkritik Pasangan
Kebiasaan ini sangat beracun bagi hubungan rumah tangga. Kebiasaan mengkritik pasangan secara berlebihan, tentu tidak hanya berdampak pada hubungan, tetapi juga kepercayaan diri. Maka dari itu, pujilah pasangan dan hargai mereka.

5. Berhenti Mencoba Memperbaiki Pasangan
Percaya tidak percaya, Anda tidak perlu memperbaiki pasangan. Mereka bukan orang yang sempurna, terlepas dari baik maupun buruknya. Suatu hubungan yang sehat bukan tentang memperbaiki, melainkan tentang penyesuaian.

Baca Juga: Benny Simanjuntak Unggah Foto Pernikahan Jonathan Frizzy Dan Dhena Devanka yang Sempat Ditutup-tutupi

Komentar