facebook

7 Tempat Wisata Terpopuer di Kediri Wajib Didatangi saat Liburan Keluarga

Arendya Nariswari
7 Tempat Wisata Terpopuer di Kediri Wajib Didatangi saat Liburan Keluarga
https://www.instagram.com/p/CK3IYAQDYLC/

Menikmati keindahan alam dari bukit sampai gua di Kediri, Jawa Timur.

Suara.com - Jalan-jalan ke Kediri, rasanya kurang lengkap tanpa berkunjung ke berbagai pilihan tempat wisatanya yang menarik. Dari mulai wisata alam, sejarah, sampai edukasi bisa ditemukan semua di salah satu kota terbesar di Jawa Timur ini.

Jika Anda berkesempatan pergi ke Kediri, jangan lupa untuk singgah ke 7 tempat wisata terpopuler di Kediri berikut!

1. Air Terjun Dolo

Menikmati kesegaran di tengah guyuran air terjun dan pohon-pohon rindang memang aktivitas yang cocok dilakukan selama liburan. Di Kediri Anda bisa menemukan hal tersebut di Air Terjun Doli.

Baca Juga: Libur Lebaran, Dua Pengunjung Tenggelam di Wisata Lubang Kalam Kampar

Di sini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di air mulai dari berenang hingga jogging di area air terjun.

Lokasi: Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Hutan, Blimbing, Kediri

2. Bukit Gandrung

Tempat wisata terpopuler di Kediri satu ini terkenal karena pemandangannya yang sangat Instagramable. Terdapat lima spot fotografi andalan di sini, yaitu sepeda gantung, rumah hobbit, gazebo tengah hutan, gardu pandang, dan  batang pohon raksasa. Alamnya yang masih asri juga akan memberikan kenyamanan liburan Anda.

Lokasi: Medowo, Kecamatan Kandangan, Kediri

Baca Juga: Gadis 19 Tahun yang Diculik Dan Diikat di Tabanan Kini Syok Berat

3. Kebun Bunga Matahari

Hamparan bunga matahari yang mekar sempurna tentu akan memberikan kesegaran bagi kedua mata. Tempat wisata satu ini hampir tidak pernah sepi dari pengunjung yang ingin mengabadikan diri bersama bunga cantik berwarna kuning satu ini.

Pagi dan sore hari menjadi waktu paling tepat untuk pergi ke Kebun Bunga Matahari supaya tidak terlalu tersengat panasnya terik matahari.

4. Gunung Kelud

Gunung Kelud, di Jawa Timur, masuk dalam daftar 10 gunung api paling berbahaya di dunia (Shutterstock).
Gunung Kelud, di Jawa Timur,  (Shutterstock).

Siapa yang tidak tahu tempat wisata Kediri satu ini? Tidak hanya bagi pendaki, Gunung Kelud juga banyak didatangi wisatawan biasa yang ingin melihat keagungan gunung yang terakhir kali meletus di tahun 2014 ini secara lebih dekat.

Jalanan untuk menuju Gunung Kelud pun relatif aman karena sudah diaspal.

5. Gua Selomangleng

Dulunya, Gua Selomangleng dikenal sebagai tempat Dewi Kilisuci, putri dari Raja Erlangga untuk bertapa dan mengasingkan diri. Salah satu bukti dari kehadiran Dewi Kilisuci adalah relief yang ada pada dinding gua baik di bagian luar maupun dalam.

Letak Gua Selomangleng yang tidak jauh dari pusat Kota Kediri juga membuat tempat wisata satu ini ramai didatangi wisatawan.

Lokasi: Jalan Selomangleng, Pojok, Mojoroto, Kediri

6. Kampung Inggris

Ingin berlibur sambil belajar? Kampung Inggris Pare di Kediri bisa menjadi solusinya. Di sini, Anda bisa menemukan ratusan lembaga kursus Bahasa Inggris dengan siswa atau mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah. Wilayah ini memang paling ramai di masa liburan karena banyak dari mereka yang mengambil short course di Kampung Inggris.

Lokasi: Desa Tulungrejo dan Desa Pelem, Kecamatan Pare, Kediri

7. Candi Surawana

Candi Surawana merupakan candi bercorak Hindu yang telah dibangun sejak abad ke 14. Meski kecil, candi ini banyak menarik perhatian wisatawan Kediri khususnya di daerh Pare. Selain berlibur, di sini Anda juga bisa belajar sejarah tentang candi yang dibuat untuk menghormati Raja Bhre Wengker ini.

Lokasi: Surowono, Canggu, Kec. Badas, Kediri

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar