facebook

Apa Itu Bridesmaid? Ini 9 Tugasnya dalam Acara Pernikahan

Rima Sekarani Imamun Nissa
Apa Itu Bridesmaid? Ini 9 Tugasnya dalam Acara Pernikahan
Bridesmaid. (Pexels/Bryan Schneider)

Simak ulasan mengenai peran dan tugas bridesmaid atau pengiring pengantin wanita selama pernikahan berlangsung.

Suara.com - Pernahkah Anda menjadi seorang bridesmaid untuk pernikahan teman dan keluarga? Apa itu bridesmaid dan tugasnya dalam acara pernikahan?

Pengiring pengantin wanita atau bridesmaid adalah hak istimewa yang diberikan oleh calon pengantin. Jika baru pertama kali ditunjuk, Anda pasti ingin mengetahui dengan baik tugas yang ada sebelum tampil sebagai bridesmaid terbaik.

Lalu, apa saja tugas bridesmaid? Berikut ulasannya.

Ilustrasi pengantin wanita dan bridesmaid. (Pexels/Kayla Renee)
Ilustrasi pengantin wanita dan bridesmaid. (Pexels/Kayla Renee)

Jadilah Pendukung

Baca Juga: 4 Perilaku yang Menunjukkan Kamu Tak Bahagia dalam Pernikahan, Merasakannya?

Perencanaan pernikahan bisa saja sangat menegangkannya. Pertama dan terpenting, pastikan Anda berada di sisi pengantin wanita pada saat-saat itu.

Anda tidak harus siap membantu mereka setiap saat. Namun, pengantin wanita akan bahagia mengetahui bahwa sang bridesmaid selalu ada sebagai teman terdekat dan pendukung terbaik mereka.

Jadilah Pemberi Pendapat yang Baik

Jika Anda dipercaya pengantin wanita untuk memunculkan ide, ketahuilah bahwa itu adalah peran yang cukup penting sebagai pengiring pengantin. Berikan pendapat Anda jika diminta, tapi jangan memaksakannya.

Berkomunikasi dengan Jujur

Baca Juga: 4 Hal yang Sering Jadi Pemicu Stres dalam Pernikahan, Salah Satunya Uang!

Bridesmaid disarankan meluangkan waktu untuk memahami tugasnya sebagai pengiring pengantin di hari pernikahan. Kejujuran adalah kuncinya dan bersikaplah komunikatif jika Anda menghadapi kendala. Sebagai teman dekat, calon pengantin wanita kemungkinan akan sepenuhnya memahami.

Membantu pada Acara Pra-Pernikahan

Merencanakan bridal shower dan pesta lajang adalah contoh acara pra-pernikahan. Pengiring pengantin biasanya yang akan menyelenggarkannya.

Menyiapkan busana terbaik untuk hari H

Beberapa pengantin wanita mungkin sudah punya konsep matang soal apa yang dikenakan saat pesta pernikahan. Namun, jika dua minta saran, berikan ide tentang pilihan pakaian, gaya rambut, atau riasan pengiring pengantin.

Walau begitu, jika Anda diminta untuk mengenakan sesuatu yang ternyata benar-benar tidak nyaman bagi Anda, misalnya busana yang terlalu terbuka, langsung bicarakan baik-baik saja.

Ilustrasi bridesmaid. (Pexels/Becerra Govea Photo)
Ilustrasi bridesmaid. (Pexels/Becerra Govea Photo)

Memberikan hadiah

Jika Anda mampu, berikan sang pengantin hadiah seperti produk perawatan wajah. Jika pengiring pengantin lain ingin ikut serta, itu juga merupakan ide bagus sehingga memberikan hadiah yang lebih besar untuk pengantin.

Foto bersama

Inilah momen yang paling ditunggu-tunggu. Bridesmaid menjadi salah satu bagian terpenting saat sesi pemotretan di hari pernikahan. Jadi pastikan Anda dan teman bridesmaid lainnya mempersiapkan diri dengan penampilan dan barisan yang bagus untuk berfoto bersama pengantin di hari pernikahan.

Membantu Pengantin Bergerak dengan Gaunnya

Jika gaun pernikahan sangat tebal atau ketat, pengantin wanita mungkin akan membutuhkan seseorang untuk membantu mengangkat atau mengurus pakaian tersebut di kamar kecil.

Saat pengantin wanita berganti pakaian, dia mungkin perlu bantuan untuk bergerak dan berpindah tempat. Terkadang pengantin wanita lebih nyaman memiliki seseorang yang lebih dekat untuk membantu mereka.

Membagikan foto

Buat koleksi digital dari setiap foto dan video yang diambil saat pesta pernikahan sembari menunggu dokumentasi asli dari fotografer. Cara ini akan membuat pasangan pengantin menjadi lebih bahagia dengan banyak momen manis yang terdokumentasikan.

Nah, itulah pembahasan mengenai apa itu bridesmaid dan tugasnya dalam sebuah acara pernikahan. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar