facebook

8 Cara Mengatasi Jerawat di Jidat, Disiplin Membersihkan Wajah hingga Diet Sehat

Rima Sekarani Imamun Nissa
8 Cara Mengatasi Jerawat di Jidat, Disiplin Membersihkan Wajah hingga Diet Sehat
Ilustrasi Wajah Jerawat (pexel/Polina Tankilevitch)

Jangan asal pencet sehingga malah meradang, begini cara mengatasi jerawat di jidat yang kerap dianggap mengganggu penampilan.

Suara.com - Apakah Anda punya permasalahan jerawat yang sering muncul di dahi? Anda mungkin telah mencari tahu tentang cara mengatasi jerawat di jidat, misalnya menggunakan berbagai produk skincare. Namun, apakah itu cukup efektif?

Selain pintar-pintar memilih skincare, penting juga untuk menerapkan kebiasaan yang membantu menghilangkan jerawat di dahi. Ada pula beberapa perawatan kulit yang dapat Anda pertimbangkan.

Dirangkum dari Times of India, Selasa (17/5/2022), berikut beberapa cara mengatasi jerawat di jidat yang penting untuk diketahui.

ilustrasi rambut wanita. (Pixabay.com/UniqueMarfa)
ilustrasi rambut wanita. (Pixabay.com/UniqueMarfa)

Jauhkan rambut dari dahi

Baca Juga: 5 Penyebab Jerawat di Jidat, Salah Satunya Efek Stres

Poni memang bikin penampilan semakin menawan, tapi itu juga bisa menarik kotoran dan polusi yang kemudian bercampur dengan minyak dari kulit kepala. Hasilnya adalah tempat berkembang biak bakteri.

Membersihkan wajah dengan benar

Pentingnya membersihkan wajah setelah beraktivitas seharian sungguh tidak bisa diabaikan. Gunakan pembersih wajah yang cocok dengan kondisi kulit Anda.

Melembapkan kulit dahi secara teratur

Setelah dibersihkan, oleskan pelembap yang paling sesuai dengan kondisi kulit. Pastikan pelembap yang digunakan bebas minyak agar pori-pori tidak tersumbat.

Baca Juga: Ini Lima Mitos Seputar Penggunaan Tabir Surya

Chemical peels

Glycolid dan salicylic acid bisa digunakan untuk mengobati jerawat di dahi. Keduanya bekerja sebagai eksfoliator yang mengangkat lapisan atas kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat dan tampak bercahaya.

Ilustrasi perawatan kulit wajah (Pixabay/silviarita)
Ilustrasi perawatan kulit wajah (Pixabay/silviarita)

Konsisten menerapkan rutinitas perawatan kulit

Pertahankan rutinitas perawatan kulit yang tepat, termasuk mencuci muka, toner, pelembap, tabir surya, dan serum atau minyak esensial. Ini akan mengurangi kotoran dan bakteri sehingga membantu mencegah jerawat dan mengurangi noda hitam pada kulit.

Ekstraksi

Jerawat adalah hasil dari pori-pori yang tersumbat. Oleh karena itu, mengeluarkan komedo terkadang dapat membantu meredakan jerawat di dahi.

Obat jerawat

Anda bisa coba menggunakan obat jerawat yang dijual bebas, seperti gel dan salep. Produk tersebut biasanya mengandung asam salisilat, retinol, benzoil peroksida, atau resorsinol. Namun, jika Anda memiliki kondisi jerawat yang serius, sebaiknya konsultasi dengan dokter kulit.

Diet sehat

Diet sehat juga termasuk cara mengatasi jerawat di jidat yang efektif. Jadi, perhatikan makanan yang Anda konsumsi. Beberapa makanan yang dapat menyebabkan jerawat adalah produk susu, karbohidrat, makanan kemasan, gula, serta makanan berminyak.

Komentar