facebook

Makanan dengan Bau Paling Menyengat di Dunia, Nomor 1 Ternyata Durian!

M. Reza Sulaiman
Makanan dengan Bau Paling Menyengat di Dunia, Nomor 1 Ternyata Durian!
Pedagang menjajakan buah Durian saat Bazar Durian di Mal Tamini Square, Jakarta Timur, Minggu (30/1/2022). [Suara.com/Alfian Winanto]

Ada makanan-makanan yang memiliki rasa enak sekaligus bau menyengat yang bisa saja tidak disukai oleh sebagian orang. Apa saja daftarnya?

Suara.com - Menyantap makanan tidak bisa dilakukan hanya memerhatikan rasanya saja. Sejumlah orang membutuhkan rangsangan bau dan aroma, untuk bisa menyantap suatu makanan.

Masalahnya, ada makanan-makanan yang memiliki rasa enak sekaligus bau menyengat yang bisa saja tidak disukai oleh sebagian orang. Apa saja daftarnya?

1. Durian

Orang Indonesia tidak asing dengan buah durian. Buah ini memiliki rasa yang manis. Tidak hanya enak, durian bahkan menjadi olahan masakan orang Indonesia.

Baca Juga: Ketahui, 5 Cara Menghindarkan Tubuh dari Bau Tidak Sedap

Ilustrasi bau mulut (Elements Envato)
Ilustrasi bau. (Elements Envato)

Namun rupanya bau menyengat yang dimiliki durian membuat tidak semua orang menyukainya, termasuk pembawa acara makanan ternama Andrew Zimmern.

"Baunya seperti campuran cream-cheese, saus bawang, anggur, dan makanan-makanan basi lainnya," ujar Zimmern dikutip dari Delish.

2. Surstromming

Swedia terkenal dengan kuliner permen ikan yang ikonik. Tapi ada satu lagi kuliner terkenal lainnya yang tak kalah unik, yakni Surstromming.

Ikan yang difermentasi dalam kaleng ini memiliki rasa yang agak asam, sekaligus bau yang menyengat. Bahkan pemerintah Swedia sampai memberikan peringatan khusus tentang makanan ini.

Baca Juga: Curiga Bau Busuk dari Rumah yang Terkunci, Warga Sengkuang Temukan Syaril Sudah Tewas Mengenaskan

"Buka kaleng di luar rumah. Hati-hati sebab makanan ini berbau seperti ikan busuk dan bisa mengundang lalat," tulis mereka.

Komentar