facebook

2 Daerah di Indonesia Ini Juga Mengalami Fenomena Embun Es Seperti Dieng, Mana Saja?

Farah Nabilla
2 Daerah di Indonesia Ini Juga Mengalami Fenomena Embun Es Seperti Dieng, Mana Saja?
Dataran Tinggi Dieng mulai diselimuti embun es. Hal itu disebut sebagai fenomena embun upas. (Antara)

Fenomena embun es kembali terjadi di kawasan Dieng, Jawa Tengah. Ternyata bukan hanya Dieng yang memiliki fenomena tersebut.

Suara.com - Daerah Dieng di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah terkenal dengan suhu udaranya yang dingin dan bisa mencapai minus 1 derajat celcius. Karena itu di daerah ini sering muncul fenomena embun yang menjadi es di waktu-waktu tertentu. Ternyata bukan hanya Dieng, beberapa daerah di Indonesia mengalami fenomena embun es juga loh!

Fenomena embun es kembali terjadi di Dieng pada Kamis (30/6/2022) lalu. Kepala Unit Pengelola Tehknis (UPT)Pengelola Wisata Dieng, Sri Utami mengungkapkan, sejak malam suhu udara di Dieng sudah dingin, yakni minus 1 derajat celcius.

"Dari semalam sudah mulai dingin, pagi ini suhunya minus 1 derajat celsius," kata Sri, pada Kamis (30/6/2022).

Menurut dia, suhu udara dingin hingga menimbulkan embun es terjadi di sejumlah titik, diantaranya di komplek Candi Arjuna, Lapangan sekitar Candi dan Dharmasala.

Baca Juga: Bikin Penasaran, Embun Upas Dieng Bulan Apa? Simak Penjelasan BMKG

Fenomena embun es ini sudah dua kali terjadi di Dieng sepanjang tahun 2022, pertama kali terjadi pada Januari 2022, dimana saat itu suhu udara di Dieng mencapai 3 derajat celcius.

Namun Dieng bukan satu-satunya daerah di Indonesia yang memiliki fenomena embun es. Ada daerah lain yang juga memiliki fenomena yang sama. 

Dimana sajakah itu? berikut ulasannya.

1. Lereng Semeru, Lumajang, Jawa Timur

Fenomena embun es pernah terjadi tahun lalu di lereng Gunung Semeru, tepatnya di Danau Ranu Pani.

Baca Juga: 3 Tips Melihat Embun Upas Dieng, Simak Selengkapnya di Sini!

Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Miming Saepudin mengatakan, meski fenomena embun es bisa juga terjadi di lereng Semeru, namun potensinya masih lebih kecil dibanding Dieng.

Komentar