facebook

5 Tips Ini Bantu Atur Keuangan agar Lebih Hemat

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rafidah Raihany
5 Tips Ini Bantu Atur Keuangan agar Lebih Hemat
Ilustrasi menabung.(Freepik/drobotdean)

Merasa keuangan Anda boros? Simak tips di bawah ini untuk atur keuangan agar lebih hemat.

Suara.com - Pernahkah Anda merasa pengeluaran Anda sangat boros? Ingin mengubahnya, tetapi tidak tahu caranya? Berikut ini ada tips yang bisa membantu anda untuk mengatur keuangan supaya lebih hemat.

Lifehack ini mungkin tidak begitu disadari namun membawa perubahan yang cukup berarti. Sudah siap menjadi lebih hemat? Ini dia 5 tips tersebut, dilansir dari laman BRProud.

1. Berhenti memakai layanan berlangganan

Anda mungkin tidak menyadari, tetapi berhenti dari layanan berlangganan yang dipakai setiap bulannya bisa membuat keuangan menjadi lebih hemat. Alternatif lain, Anda bisa memakai layanan gratis.

Baca Juga: Pengin Anak Suka Membaca, Begini Caranya

2. Simpan Uang untuk Berbelanja

Ilustrasi belanja sayuran. (Unsplash.com/Tara Clark)
Ilustrasi belanja sayuran. (Unsplash.com/Tara Clark)

Sebelum membuat daftar belanjaan yang harus dibeli, ada baiknya untuk mengatur anggaran yang dikeluarkan dalam satu kali belanja. Setelahnya, pilih tempat perbelanjaan yang memiliki harga termurah dibanding lainnya. Kalau perlu, carilah kupon yang bisa mengurangi pembayaran belanja, baik secara online ataupun offline.

3. Berhenti Makan di luar

Pengeluaran Anda dalam sekali makan dapat digunakan untuk membeli bahan-bahan yang bisa dimasak sendiri. Tidak hanya lebih sehat di tubuh, cara ini juga lebih sehat bagi isi dompet.

4. Mulailah Berolahraga di Rumah

Baca Juga: 5 Cara Mengatur Keuangan untuk Anak Kos agar Bisa Hemat dan Ditabung

Ilustrasi Olahraga di Rumah. (freepik)
Ilustrasi Olahraga di Rumah. (freepik)

Jika anda berlangganan member di tempat fitness, ada baiknya untuk beralih ke olahraga rumahan. Saat ini, ada banyak sekali kanal YouTube, aplikasi, dan pelatih olahraga yang membuka kelas secara gratis di internet.

5. Ganti Kopi di Coffee Shop dengan Buatan Sendiri

Minum kopi saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup banyak orang. Alih-alih membelinya di kafe, lebih baik Anda membuat kopi sendiri di rumah. Selain lebih hemat, membuat kopi sendiri juga dapat menyesuaikan rasa yang diinginkan.

Nah, itu dia 5 tips yang bisa bantu Anda untuk menghemat pengeluaran. Yuk, mulai dari sekarang. Kalau tidak sekarang, kapan lagi?

Komentar