Jokowi Larang Pamer Kemewahan, Joy Tobing Blak-Blakan Ungkap Gaya Hidup Istri TNI: Seberapa Mewah?

Bimo Aria Fundrika | Dini Afrianti Efendi
Jokowi Larang Pamer Kemewahan, Joy Tobing Blak-Blakan Ungkap Gaya Hidup Istri TNI: Seberapa Mewah?
Potret Joy Tobing Pakai Baju Persit (Instagram/@joydestinytobing)

Joy Tobing yang sudah menyandang status sebagai ibu Persit sejak 2021 ini mengatakan ada aturan baku, bahwa dalam pertemuan harus menggunakan tas hitam yang sama.

Suara.com - Beberapa waktu lalu Presiden Jokowi minta anggota Polri tidak pamer gaya hidup mewah. Namun Penyanyi Joy Tobing dengan status barunya sebagai istri TNI Kolonel Cahyo Permono sebagai ibu Persit, blak-blakan ungkap gaya busana keluarga TNI.

Persit adalah Persatuan Istri Tentara Nasional Indonesia. Sebagai anggotanya, Joy Tobing mengatakan dalam kegiatan resmi seperti dinas atau tugas, para ibu Persit dilarang menggunakan seragam dan gaya busana yang berbeda.

"Kalau aku kan orangnya apa adanya ya, kalau di kegiatan persit kita tidak boleh pakai kegiatan yang berbeda, seragam semua. Jadi mau acara apapun," ujar Joy dalam acara peluncuran skincare Cyspera Intensive System di Jakarta Selatan, Senin (5/12/2022).

Potret Joy Tobing Pakai Baju Persit (Instagram/@yoxforchrist)
Potret Joy Tobing Pakai Baju Persit (Instagram/@yoxforchrist)

Joy Tobing yang sudah menyandang status sebagai ibu Persit sejak 2021 ini mengatakan ada aturan baku, bahwa dalam pertemuan harus menggunakan tas hitam yang sama, sepatu wedges hitam, bahkan perhiasan yang digunakan juga tidak boleh lebih mewah dari mutiara.

Baca Juga: Joy Tobing Ceritakan Suka Duka Setelah Jadi Istri Tentara: Hidupnya Berbeda 180 Derajat

"Terus nggak boleh pakai anting di luar dari mutiara yang bulat, berlian nggak boleh, jam harus hitam, cincin boleh tapi cincin kawin," papar perempuan berusia 42 tahun itu.

Inilah kenapa dalam pertemuan ibu Persit, seluruhnya harus serempak, bahkan bentuk tas hitam sekalipun tidak boleh berbeda harus sama. Joy juga mengatakan, jika ibu Persit belum punya tas hitam tersebut, mereka bisa membelinya di koperasi.

Namun kata Joy, kondisi ini akan berbeda jika dalam acara pesta seperti pernikahan atau kondangan, dimana istri dan keluarga TNI dibebaskan eksplorasi menggunakan busana dan perhiasan apapun.

"Tapi kalau acara yang kondangan, nikahan, walaupun yang nikah anak komandan kita itu nggak apa-apa, kebaya kayak apa, gaun apa perhiasan kayak apa ya silahkan," tutup Joy Tobing.

Sekedar informasi, setelah pernikahannya dengan dengan Daniel Sinambela kandas pada 2 Oktober 2013 silam. Joy resmi melabuhkan hatinya dan menikah dengan Perwira TNI AD (Angkatan Darat), Kolonel Cahyo Permono.

Baca Juga: Jokowi Larang Polri Mewah-mewah, Joy Tobing Malah Bongkar Gaya Hidup Istri TNI: Mewah Sekali?

Pemenang Indonesian Idol dan Golden Memories Asia itu menikah dengan Kolonel Cahyo Permono pada 25 September 2021.

Perlu diketahui juga, Jokowi sempat 'menyentil' anggota Polri agar tidak pamer gaya hidup mewah karena kondisi ekonomi masyarakat yang sedang sulit.

"Sehingga semua harus punya sense of crisis yang sama hati-hati dengan ini. Saya ingatkan masalah gaya hidup Life style, jangan sampai di tengah situasi yang sulit ada letupan-letupan karena ada kecemburuan sosial ekonomi. Hati-hati ini saya ingatkan," ujar Jokowi dalam pengarahan kepada Pati Mabes Polri, Kapolda, dan Kapolres se-Indonesia pada 14 Oktober 2022.