Amalan Apa yang Bisa Dilakukan agar Segera Dilamar Pujaan Hati? Ini Kata Buya Yahya

Rima Sekarani Imamun Nissa
Amalan Apa yang Bisa Dilakukan agar Segera Dilamar Pujaan Hati? Ini Kata Buya Yahya
Ilustrasi pernikahan (pexels.com/vjapratama)

Bingung amalan apa yang harus dilakukan agar segera dilamar? Simak jawaban Buya Yahya berikut!

Suara.com - Melamar merupakan salah satu bentuk pernyataan bahwa pasangan Anda ingin membawa hubungan yang telah terjalin ke jenjang yang lebih serius. Ini merupakan langkah besar sebelum membawa hubungan ke jenjang pernikahan. Lalu, adakah amalan tertentu yang bisa dilakukan agar segera dilamar dalam Islam?

Anda mungkin tidak pernah tahu pasti kapan pasangan Anda akan melamar. Sebagai salah satu usaha, Anda bisa melakukan beberapa amalan supaya segera dilamar.

Apa amalan yang bisa dilakukan agar segera dilamar?

Ilustrasi Pernikahan. (pexels.com/Danu Hidayatur Rahman)
Ilustrasi Pernikahan. (pexels.com/Danu Hidayatur Rahman)

Buya Yahya, melalui kanal YouTube Al-Bahjah TV, menyampaikan bahwa sebelum menjalin hubungan, tentu saja Anda harus mencari pasangan sesuai dengan aturan dari Allah SWT.

Baca Juga: 6 Potret Bulan Madu Enzy Storia di Bali, Pamer Foto Mesra dan Romantis

Namun jika Anda sudah ingin dilamar, ini artinya Anda sudah menjatuhkan pilihan entah dengan atau tanpa mengikuti aturan tersebut.

Ketika memilih pasangan, akan lebih baik jika Anda mengikuti anjuran dari Nabi supaya selalu selamat. Bagi Anda seorang laki-laki, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lihat dari wanita yang ingin Anda nikahi.

  • Parasnya, cantik atau tidak
  • Harta yang dimiliki
  • Perilaku dan kebiasaan, apakah ia lemah lembut atau tidak
  • Agama

Meski menjadi poin terakhir, Buya Yahya menekankan bahwa agama tetap menjadi hal yang paling penting.

"Karena rata-rata manusia itu, bukan melihat agama terlebih dahulu. Awalnya dari parasnya, lalu kekayaan, watak atau karakter, baru yang keempat agamanya. Meski paling terakhir, agama tetap harus diutamakan," ujar Buya Yahya saat menjawab pertanyaan.

Jika sudah melihat semua kriteria tersebut, saatnya Anda memasuki masa istikharah.

Baca Juga: Bersenggama dengan Orang yang Hamil Diluar Nikah? Buya Yahya: Ini Hukum

"Istikharah bukan maksudnya Anda minta dikirim dia, bersama dia meskipun dia sudah memiliki pasangan dan minta supaya putus atau bercerai dengan pasangannya, bukan begitu. Istikharah di sini artinya meminta pada Allah untuk dipilihkan sesuai dengan kriteria tersebut," lanjut Buya Yahya dalam video yang sama.

Buya Yahya menambahkan, amalan yang bisa dilakukan agar segera dilamar adalah meminta dimudahkan jika urusannya dengan dia memang baik, tetapi dijauhkan jika memang buruk. Ini artinya, Anda tidak memaksa Allah menjadikan Anda dengannya.

Sementara itu, bagi perempuan yang tidak kunjung dilamar, ini bukan berarti Anda tidak terhormat. Ini bisa jadi laki-laki pujaan Anda merasa minder dengan kekayaan, kecantikan, kecerdasan, atau kelebihan lain yang Anda miliki.

Namun jika Anda sudah merasa yakin dengannya, boleh saja seorang perempuan melamar laki-laki terlebih dahulu.

"Jangan ditunda untuk melamar, sebab perempuan jaman sekaran kan pacarannya nyapa dulu apa kabar. Pacaran aja bisa, masa ini melamar menuju yang halal nggak bisa," pungkas Buya Yahya.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri