facebook

Bendera Raksasa 3.000 Meter Persegi Meriahkan HUT RI

Achmad Sakirin
Bendera Raksasa 3.000 Meter Persegi Meriahkan HUT RI
Pelajar mengikuti acara "Pesta Bendera". [Antara/Andika Betha]

1.500 pelajar dan masyarakat dilibatkan menjahit bendera.

Suara.com - Bendera raksasa berukuran 3.000 meter per segi dibentangkan usai upacara HUT Kemerdekaan RI di Plaza Benteng Kuto Besak Palembang.

Ketua Tim IKA Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS) Kota Palembang Siti Anisyah mengatakan, pembuatan bendera raksasa tersebut dilakukan dengan cara menjahit manual melibatkan sedikitnya 1.500 pelajar dan masyarakat.

“Ukuran bendera raksasa tersebut 20 x 150 meter atau 3.000 meter per segi selesai Sabtu (16/8/2014),” katanya.

Ia menambahkan untuk menjahit bendera raksasa tersebut pihaknya membutuhkan bahan kain asahi sebanyak 20 x 150 meter berwarna merah dan putih.

Selain itu, benang wol warna merah putih sekitar 10 kilogram juga digunakan untuk pembuatan bendera raksasa itu. Sebanyak 2.000 jarum digunakan dalam pembuatan bendera tersebut, tambahnya.

Wakil Wali Kota Palembang Harnojoyo, Minggu, mengatakan sangat bangga kepada generasi penerus yang telah membuat bendera merah putih raksasa.

"Kreativitas anak muda ini menjadi bukti kecintaan mereka terhadap bangsa dan negeri ini dengan menjahit bendera raksasa," katanya, disela-sela pembentangan bendera.

Menurut dia, kegigihan pemuda Palembang menjahit bendera ini harus diakui merupakan kebanggaan yang akan menjadi sejarah tak terlupakan.

Apalagi, komitmen menjahit bendera itu, menjadi salah satu bukti kecintaan kepada Indonesia, tambahnya. Ia mengatakan, momentum hari kemerdekaan ini wajib dipahami secara mendalam oleh semua bangsa Indonesia. (Antara)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS