Kalah, Hatta Tak Hadiri Penutupan Kongres PAN

Pebriansyah Ariefana
Kalah, Hatta Tak Hadiri Penutupan Kongres PAN
Ketua Umum PAN Terpilih Zulkifli Hasan (kanan) memeluk Ketua Umum PAN periode 2010-2015 Hatta Rajasa (kiri). (Antara/Rosa Panggabean)

Menurut Ketua Umum PAN terpilih, Zulkifli Hasan, itu tidak masalah.

Suara.com - Hatta Rajasa kalah dalam pemilihan Ketua Umum PAN di Kongres IV PAN di Nusa Dua, Bali, Minggu (1/3/2015) malam. Setelah itu, Senin (2/3/2015) malam ini penutupan kongres.

Hatta tanpak tak hadiri penutupan itu. Begitu para elit Koalisi Merah Putih (KMP). Hanya saja, menurut Ketua Umum PAN terpilih, Zulkifli Hasan, itu tidak masalah.

"Ini kan cuma penutupan saja. Tidak seperti waktu pembukaan kemarin," kata dia.

Sebelumnya, Zulkifli menang jadi Ketua Umum PAN. Dia mengungguli Hatta dengan selisih tipis 6 suara. Zulkifli meraih 292 suara, sementara Hatta memperoleh 286 suara. Total perolehan 578 suara. Sementara ada empat suara dianggap tidak sah.

Pemilihan ketua umum PAN periode 2015-2020 yang dilakukan melalui voting atau pemungutan suara secara tertutup hanya diikuti dua kandidat, yakni Hatta Rajasa sebagai calon petahana dan Zukifli Hasan sebagai penantang.

Penghitungan suara sempat dihentikan sementara. Itu dikarenakan ada peserta kongres yang protes. Mereka protes saat petugas pencatat perolehan suara via komputer yang ditayangkan di monitor lebar. Mereka meminta menghapus satu suara untuk Hatta karena dianggap salah. Seharusnya suara itu untuk Zulkifli.

Sempat terjadi kericuhan, akhirnya disepakati penghitungan dimulai lagi dari awal dan tidak ditayangkan di monitor. Saat insiden itu terjadi, Zulkifli memimpin dengan 75 suara. Sementara Hatta memperoleh 55 suara.

Dalam kongres itu, Soestrisno Bachir (SB) pun terpilih menjadi Ketua Majelis  Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN) secara aklamasi. Terpilihnya SB ini menyusul ketidakhadiran Hatta yang sebelum dikabarkan bakal bertarung merebut kursi Ketua MPP PAN setelah kalah mempertahankan jabatan Ketum PAN. (Sukiswati)

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS