RSUP Sardjito Yogya Siap Pisahkan Kepala Bayi Kembar Siam

Siswanto
RSUP Sardjito Yogya Siap Pisahkan Kepala Bayi Kembar Siam
Bayi perempuan kembar, Fitri Rahmawati dan Fitri Sakinah [Alfiansyah Ocxie]

Tim dokter RSUP Sardjito akan diketuai oleh Sunartini Hapsoro, dokter spesialis anak.

Suara.com - Dokter RSUP Dr. Sardjito, Yogyakarta, siap menangani bayi kembar siam yang lahir dengan kepala dempet asal Banda Aceh, Fitri Rahmawati dan Fitri Sakinah.

"Kami sudah siap menerima bayi kembar siam dempet kepala atau craniopagus dari Aceh, dan kami juga sudah menyiapkan tim dokter khusus yang di dalamnya terdapat puluhan dokter dari semua keahlian, rencananya bayi tersebut akan datang dalam minggu ini," kata Trisno Heru Nugroho, juru bicara RSUP Dr. Sardjito, kepada Suara.com, Selasa (16/6/2015).

"Bayi ini langsung ke Yogya, tapi karena tidak ada penerbangan langsung ke Yogya jadi mereka mampir Jakarta dulu, di Jakarta bukan untuk dilakukan pemeriksaan hanya pindah pesawat saja, rencana pemindahan akan segera dilakukan dalam minggu ini," Heru menambahkan.

Heru mengatakan tim dokter RSUP Sardjito akan diketuai oleh Sunartini Hapsoro, dokter spesialis anak.

"Tim dari Sardjito sudah disiapkan, nanti beberapa dari RS lain juga akan hadir tapi cuma untuk menyaksikan bagaimana proses pemisahan karena ini kasus langka," kata Heru.

Heru menambahkan operasi pemisahan kepala bayi akan dipimpin oleh Patmo Sanjaya, dokter spesialis bedah syaraf konsultan dari RSCM Jakarta Pusat yang juga guru besar dari Universitas Indonesia.

RSUP Sardjito dipilih untuk menangani kasus bayi kembar asal Banda Aceh karena di rumah sakit ini dulu pernah sukses menangani operasi pemisahan kembar siam.

"Karena operasi kembar siam itu teknologi tinggi dan kebetulan RS yang pernah memisahkan itu RSCM dan Sardjito, Sardjito dua kali memisahkan yang dulu dempet di dada dan perut kemudian dempet di panggul itu dipisahkan dan sekarang sudah jadi remaja baik, Prof. Patmo yang menyarankan untuk bayi ini dioperasi di Sardjito, nanti beliau langsung yang akan memimpin operasi tersebut," kata Heru.

Heru mengatakan operasi pemisahan kembar siam dempet kepala merupakan operasi yang sangat rumit.

Dia berharap operasi mengikuti keberhasilan operasi pemisahan kembar siam pertama dan kedua yang pernah dilakukan. (Wita Ayodhyaputri)

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS