Papua Mulai Berbenah PON 2020

Pebriansyah Ariefana
Papua Mulai Berbenah PON 2020
Gubernur Papua, Lukas Enembe. (Antara/M Agung Rajasa)

Pusat olahraga untuk atlet mulai dibangun.

Suara.com - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua menyiapkan lokasi eks Hotel Bintang Maruaw untuk pembangunan pusat olahraga sebagai tempat pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Biak Numfor Turbey O Dangeubun mengakui Gubernur Papua yang juga Ketua PB PON 2020 Lukas Enembe telah menunjuk Biak sebagai klaster pertandingan PON XX tahun 2020.

"Ada delapan cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Kabupaten Biak Numfor, diantaranya selam, voli pantai, hoki, sepak bola, terjung payung, paralayang, aremodeling dan balapan motor," ungkap Turbey Dangeubun, di Biak.

Ia mengakui, sesuai program tahun anggaran 2016 fasilitas venue PON 2020 di Biak Numfor akan segera dibangun pemerintah daerah. Untuk tahap awal persiapan PON 2020, menurut Turbey, Pemkab Biak telah menyiapkan master plan penyiapan sarana prasarana venue PON Papua.

"Saya mengimbau semua elemen masyarakat turut mendukung program yang telah dicanangkan Pemrov Papua dan Pemkab Biak Numfor sehingga Biak sukses menyelenggarakan pertandingan cabang olahraga yang ditunjuk," katanya.

Pembangunan jalan lingkar (ring road) Biak-Adibai-Marauw, hingga tahun 2015 sampai 2017 sudah mulai dikerjakan. Sehingga saat PON 2020 berlansung Biak sudah siap menjadi tuan rumah pertandingan delapan cabang olahraga.

"Miliaran rupiah siap dikucurkan pemkab Biak Numfor untuk membangun fasilitas pendukung penyelenggara PON 2020 Papua," katanya.

Saat ini, berbagai fasilitas taman kota dan tugu pahlawan nasional Frans Kaisiepo dan J Dimara telah dibangun Pemkab Biak Numfor sebagai sarana penunjang menyukseskan PON 2020 Papua. (Antara)