Api dari "Car Deck", Ini Kronologis Kebakaran KM Mutiara Sentosa

Ruben Setiawan
Api dari "Car Deck", Ini Kronologis Kebakaran KM Mutiara Sentosa
Korban selamat KM Mutiara Sentosa 1. (Kepala Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho)

Sempat dilakukan upaya pemadaman.

Kapal Motor (KM) Mutiara Sentosa 1 dengan rute Surabaya-Balikpapan terbakar saat berlayar di perairan Laut Jawa, Jumat (19/5/2017) sekitar pukul 16.00 WIB. Kapal tersebut berada pada posisi kordinat 05°33.01 S - 114° 34.25 E, berjarak 3 mil laut (5,6 km) dari Pulau Masalembo.

Berdasarkan keterangan yang diberikan Kepala Pusat Data dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, KM Mutiara Sentosa 1 mengangkut 178 penumpang, belum termasuk awak kapal. Api muncul di dek kendaraan (car deck). Sempat dilakukan upaya pemadaman dengan alat pemadam api ringan (APAR) dan “sprinkle”. Namun api semakin membesar dan tidak bisa dijinakkan.

Akhirnya, nahkoda kapal memerintahkan seluruh penumpang dan awak untuk meninggalkan kapal (abandon ship) dengan menggunakan sekoci dan rakit penyelamat yang ada.

Sebuah kapal motor lain, KM Meratus Makassar merapat ke KM Mutiara Sentosa 1 untuk membantu proses evakuasi penumpang dan awak. Saat keterangan diterima, awak KM Meratus dikabarkan masih melakukan pencarian korban. Namun, pencarian terkendala minimnya cahaya di lokasi. 

Kantor Search and Rescue (SAR) Surabaya juga mengerahkan KN SAR 225 Surabaya menuju lokasi kecelakaan.

Sutopo mengatakan, kendaraan yang ada di atas KM Mutiara Sentosa 1 adalah sebagai berikut: empat buah jenis truk dengan dua gandar , empat belas kendaraan dengan tiga gandar, lima belas kendaraan dengan empat gandar, 45 unit kendaraan dengan lima gandar, dan sembilan unit kendaraan dengan 6 gandar.

 

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Berpetualang di alam terbuka sambil menikmati hotel gantung adalah pengalaman yang ditawarkan oleh sebuah skylodge di kawasan Purwakarta, Jawa Barat.
.
Untuk bisa menjejak ke skylodge tertinggi di dunia ini Anda harus menanjaki tebing di Gunung Parang sejauh 500 meter!
.
Seperti apa keseruannya? Saksikan selengkapnya di Youtube Suaradotcom!
.
.
.
#video #videooftheday #gunungparang #skylodge #purwakarta #jawabarat #indonesia #travelling #explorepurwakarta #exploreindonesia #asia #suaradotcom

INFOGRAFIS