facebook

Hayden Meninggal Dunia, MotoGP Berduka

Syaiful Rachman
Hayden Meninggal Dunia, MotoGP Berduka
Kolase foto Nicky Hayden saat berlaga di MotoGP [AFP]

Pebalap asal Amerika Serikat meninggal setelah mengalami kecelakaan di Italia.

Suara.com - Lima hari setelah mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Maurizio Bufalini, Cesena, Italia, mantan juara dunia MotoGP Nicky Hayden meninggal dunia. Hayden tutup usia akibat mengalami kerusakan otak.

Seperti diketahui, Hayden mengalami kecelakaan saat tengah bersepeda di daerah Rimini, Italia, Rabu (17/5/2017) sore waktu setempat. Hayden dihantam mobil hingga tidak sadarkan diri dan langsung dilarikan ke rumah sakit di sekitar lokasi kejadian.


Akibat luka parah, beberapa jam kemudian pebalap yang dijuluki Kentucky Kid di bawa ke rumah sakit di Cesena untuk menjalani perawatan.

Kepergian Hayden untuk selama-lamanya membuat gempar dunia MotoGP. Cuitan belasungkawa pun membanjiri Twitter. Beberapa diantaranya datang dari para pebalap kelas para raja tersebut.

"Salah satu pebalap terbaik dan teman baik. Selalu dihatiku, RIP Nicky Hayden..," cuit pebalap Yamaha Movistar Maverick Vinales.

"Rendah hati, lucu, profesional dan kuat. Kau adalah orang baik!! Kau akan dirindukan Nicky," tulis Andrea Iannone.

Baca Juga: Alami Kerusakan Otak, Mantan Juara MotoGP Tutup Usia

"Sangat sedih. Saya tidak percaya hidup bisa sangat kejam. Duka cita saya bagi keluarga Nicky dan kerabatnya," kicau Jorge Lorenzo.

"Sebuah kehormatan untuk mengenalmu!#RIPNickyHayden #Legend doa saya untuk keluarganya saat ini. Kami akan merindukanmu kawan," tulis mantan juara dunia MotoGP, Casey Stoner.

Mengawali karirnya di kelas para raja bersama Repsol Honda pada 2003, Hayden berhasil mematahkan dominasi Valentino Rossi di tahun 2006 dengan keluar sebagai juara dunia MotoGP.

Sempat bergabung dengan Ducati di tahun 2009 hingga 2013, Hayden kembali menunggangi Honda RCV1000R di tahun 2014. Namun kali ini bersama tim Aspar.

Pada Oktober 2015, Hayden memutuskan untuk membalap di ajang Superbike. Saat menghembuskan nafas terakhirnya, Hayden tercatat sebagai pembalap tim Red Bull Honda World Superbike Team di ajang World Superbike (WSBK).

Hayden berada di Italia setelah menjalani seri balapan WSBK di Autodromo Enzo e Dino Ferrari, 13-14 Mei lalu. Mengantongi 40 poin, Hayden  menduduki posisi ke-13 klasemen sementara pebalap WSBK 2017.