Gempa 6,9 SR, Beberapa Rumah Ambruk di Tasikmalaya

Ririn Indriani
Gempa 6,9 SR, Beberapa Rumah Ambruk di Tasikmalaya
Ilustrasi dampak gempa bumi (Shutterstock).

Meski ada beberapa rumah ambruk di Tasikmalaya, hingga kini belum ada laporan korban jiwa.

Suara.com - Gempa berkekuatan 6,9 SR dengan pusat gempa 11 km barat daya Kabupaten Tasikmalaya pada kedalaman 107 km, Jumát (15/12/2017), pukul 23:47:57 WIB, mengakibatkan beberapa rumah ambruk di daerah Tasikmalaya Selatan, Kecamatan Cikalong dan Tibalong.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan gempa yang juga dirasakan di wilayah Jawa Barat lainnya, Jawa tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta bagian Selatan, sejauh ini tidak menimbulkan korban jiwa.

Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa kondisi mutakhir, gempa dirasakan kencang (kuat) selama 5-10 detik di Provinsi Jawa Barat. Akibatnya, kata Sutopo, masyaraklat panik keluar rumah, namun belum ada laporan dampak dari gempa tersebut.

"Untuk Provinsi DIY, gempa dirasakan kencang atau kuat 20-30 detik, masyarakat panik namun tidak keluar rumah dan menghubungi pihak BPBD, di daerah ini pun belum ada dampak," terangnya merinci dalam pesan singkat yang diterima Suara.com, Sabtu (16/12/2017) dini hari.

Untuk Kabupaten Bantul, lanjut Sutopo, gempa dirasakan kencang 5 -30 detik. Akibat gempa ini, masyarakat panik dan keluar rumah. "Namun hingga saat ini belum ada laporan dampak," imbuhnya.

Sementara provinsi Jawa Tengah, gempa dirasakan sedang selama 10 detik. Meski demikian sambung Sutopo, masyarakat panik dan keluar rumah.

"Hingga saat ini BPBD Provinsi masih berkoordinasi dengan BPBD Kota atau kabupaten wilayah masing-masing. Masih dilakukan pemantauan. Update akan disampaikan," jelas Sutopo.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Selamat siang para pejuang kehidupan 💪
#QuotesOfTheDay

INFOGRAFIS