Ini Dugaan Polisi Soal Penyebab Kecelakaan Proyek Tol Becakayu

Adhitya Himawan | Agung Sandy Lesmana
Ini Dugaan Polisi Soal Penyebab Kecelakaan Proyek Tol Becakayu
Pekerja menyelesaikan proyek jalan layang tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) di Kalimalang, Jakarta, Jumat (13/10).

Tujuh orang pekerja mengalami luka-luka akibat robohnya tiang pancang tersebut saat melakukan pengecoran.

Suara.com - Tiang pancang proyek tol Bekasi Cawang- Kampung Melayu atau Becak Kayu di Jalan DI. Panjaitan, Jakarta Timur ambruk pada Selasa (20/2/2018) sekitar pukil 03.40 WIB. Tujuh orang pekerja mengalami luka-luka akibat robohnya tiang pancang tersebut saat melakukan pengecoran.

"Tadi pagi tepatnya pukul 03.40 WIB terjadi kecelakaan kerja proyek pembangunan tol Becak Kayu. Di mana kecelakaan kerja tersebut disebabkan pada saat para pekerja melakukan pekerjaan dan akan melakukan pengecoran tiang pancang, di mana tiang pancang tersebut itu ada brekat timber," kata Kapolres Metro Jakarta Timur Komisaris Besar Wowon Tony Surya Putra.

Dari hasil olah TKP di lokasi, kata Tony, diduga penyebab robohnya tiang pancang karena brekat timber terlepas saat para pekerja melakukan pemasangan.

"Brekat timber itu fungsinya adalah menyangga daripada plat yang akan dicor. Namun pada saat para pekerja memasukkan cor ke dalam tiang pancang tersebut, brekat timber tersebut terlepas dan jatuh ke bawah, sehingga seluruh material cor dan brekat timber itu jatuh ke bawah dan tujuh orang pekerja tertimpa serpihan material cor termasuk brekat timber," kata dia.

Tony menambahkan, tujuh pekerja proyek tersebut kini sudah dievakuasi ke dua rumah sakit. Kata dia, ada enam orang yang mengalami luka tidak berat dirawat di Rumah Sakit Universitas Kristen. Sementara, satu korban terluka parah dirawat di Rumah Sakit Polri, Kramatjati, Jakarta Timur.

"Dari korban yang kita evakuasi sebanyak tujuh orang. Sampai saat ini keterangan dari pihak rumah sakit UKI belum ada korban jiiwa dan enam mengalami luka-luka tidak terlalu berat. Namun ada satu yang agak luka berat, luka pada kepala, dan sudah dirujuk di RS Kramat Jati," kata dia.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS