Jokowi Ungkap Cerita di Balik Video Pembukaan Asian Games 2018

Reza Gunadha
Jokowi Ungkap Cerita di Balik Video Pembukaan Asian Games 2018
Asian Games 2018 berlangsung di dua kota, yakni Palembang dan Jakarta. Ajang multievent terbesar Asia ini akan berlangsung hingga 2 September 2018 mendatang.[Foto/INASGOC]

"Ini setengah tahun lalu. Saya didatangi Wishnutama (kreator video) dan Erik. Saya setuju, karena saya anggap profesional," ujar Jokowi.

Suara.com - Presiden Jokowi akhirnya menceritakan kisah di balik penunjukannya sebagai pemain utama dalam klip video seremoni pembukaan Asian Games 2018 , Sabtu (18/8) dua pekan lalu.

Video itu menjadi bahan polemik, terutama mengenai sosok Jokowi dalam rekaman tersebut diperankan oleh stuntman alias pemain pengganti.

Jokowi, saat berpidato di Kongres Nasional XI Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia, di Rich Hotel Yogyakarta, Rabu (29/8/2018), mengakui dirinya ditunjuk sebagai pemain utama video itu sejak setengah tahun lalu.

"Ini setengah tahun lalu. Saya didatangi Wishnutama (kreator video) dan  Erik. Saya setuju, karena saya anggap profesional,” ujar Jokowi.

Jokowi mengungkapkan dirinya diberi tiga pilihan oleh Wishnutama. Pertama, melakoni konsep video yang terbilang biasa.

Kedua, konsep video yang agak ekstrem, dan ketiga paling eksterem. Spontan Jokowi menjawab memilih yang paling ekstrem.

Jokowi mengakui, konsep video paling ekstrem itu di luar perkiraan dirinya, sebab banyak yang mengkritik penampilannya.

"Saya disuruh akrobat, presiden disuruh akrobat,  tidaklah bro,'' ujar Jokowi diikuti gelawak tawa para peserta kongres dan tamu undangan.

Namun, Jokowi mengakui bakal menghabiskan energi kalau dia dan warga pendukungnya menanggapi cemoohan soal video pembukaan Asian Games 2018 .

"Kalau berkutat saling mencela, mencemooh, hoaks, energi kita akan habis. Ini harus diakhiri, kita harus membangun pola pikir baru, optimisme dan berpikir positif,'' ujar Jokowi.

Kontributor : Abdus Somad
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS