Pemprov DKI Bakal Bangun Rumah Baca di Tiap Kampung

Ferry Noviandi | Chyntia Sami Bhayangkara
Pemprov DKI Bakal Bangun Rumah Baca di Tiap Kampung
Perpustakaan Keliling di Rusunawa Jatinegara Barat [suara.com/Nur Habibie]

Pemprov DKI juga nantinya akan menyuplai buku-buku ke rumah baca itu secara rutin hingga mendatangkan para penggiat baca.

Suara.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) akan membangun rumah baca di tiap kampung yang tersebar di Jakarta. Pembangunan itu dilakukan guna meningkatkan minat baca pada warga Jakarta terutama usia anak.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, mulai 2019 Pemprov DKI akan mengintensifkan program membaca di kampung. Sehingga, kebiasaan membaca dapat ditumbuhkan di lingkungan terdekat dari rumah.

"Jadi nanti program membaca di kampung kita akan intensifkan mulai 2019 ini. Terjadinya kegiatan membaca, interaksi dengan buku, dan ilmu pengetahuan ini harus jadi kebiasaan," kata Anies Baswedan, saat ditemui di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta, Kompleks Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Rabu (19/9/2018).

Menurut Anies Baswedan, dengan mengintensifkan program membaca dan merangsang warga untuk membaca dapat memberikan efek jangka panjang yang sangat baik bagi Indonesia. Melalui membaca, kualitas seorang individu dapat meningkat.

"Menyediakan buku tidak otomatis meningkatkan kegiatan membaca. Kita tahu perpustakaan di Indonesia itu salah satu yang terbanyak. Tapi begitu sampai pada minat baca maka itu soal kegiatan," lanjut Anies Baswedan.

Untuk itu, pihaknya nanti akan menyuplai buku-buku ke rumah baca itu secara rutin hingga mendatangkan para penggiat baca, mahasiswa dan profesional untuk menjadi pendamping di rumah baca. Dengan demikian, kegiatan membaca dapat dibiasakan sedini mungkin dan sesering mungkin.

"Nanti kita akan membangun di tiap-tiap kampung. Ada yang RT atau RW tergantung konteksnya dan kita akan masifkan penyediaan buku dan akses-akses dengan informasi," ucap Anies Baswedan.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS