Jelang Pemeriksaan Amien Rais, 3.284 Polisi Siaga di Polda Metro

Bangun Santoso | Agung Sandy Lesmana
Jelang Pemeriksaan Amien Rais, 3.284 Polisi Siaga di Polda Metro
Petugas polisi bersiap mengamankan jalannya pemeriksaan Amien Rais di Polda Metro Jaya, Rabu (10/10/2018). (Suara.com/Agung Sandy Lesmana)

Sejumlah kendaraan taktis lengkap juga sudah disiagakan di depan Polda Metro Jaya

Suara.com - Sebanyak 3.284 personel polisi akan dikerahkan untuk mengamankan massa dari Persaudaraan Alumni atau PA 212 di Polda Metro Jaya, Rabu (10/10/2018) hari ini. Kedatangan ratusan orang itu untuk mengawal pemeriksaan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais sebagai saksi kasus berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet.

"Untuk pengamanan ada sebanyak 3.284 personel ya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat dikonfirmasi.

Berdasarkan, pantuan Suara.com, ratusan personel Direktorat Sabhara Polda Metro Jaya sudah bersiaga dan sedang mengikuti apel pasukan di area dalam, dekat pintu utama Mapolda Metro Jaya. Selain itu, sejumlah kendaraan taktis yang terdiri dari satu unit barracuda, dua water canon dan satu unit mobil barikade juga sudah disiagakan.

Terkait aksi pengawalan terhadap Amien Rais ini, polisi juga akan menerapkan rekayasa lalu lintas di jalan menuju Polda Metro Jaya. Argo menyebut, rekayasa lalin itu baru akan diterapkan apabila ada kemacetan kendaraan saat massa mulai datang.

"(Rekayasa arus lalin) situasional di lapangan," kata Argo.

Kendaraan taktis juga disiagakan jelang pemeriksaan Amien Rais di Polda Metro Jaya, Rabu (10/10/2018). (Suara.com/Agung Sandy Lesmana)
Kendaraan taktis juga disiagakan jelang pemeriksaan Amien Rais di Polda Metro Jaya, Rabu (10/10/2018). (Suara.com/Agung Sandy Lesmana)

Sebelumnya, polisi melarang massa PA 212 untuk masuk ke dalam area Polda Metro Jaya saat Amien Rais memenuhi panggilan dalam kasus hoaks Ratna Sarumpaet.

Amien hanya diperbolehkan didampingi pengacara selama menjalani pemeriksaan. Ratusan orang dari PA 212 bisa mengantar Amien hingga luar gerbang Polda Metro Jaya.

"Di luar semua ya (massa PA 212) di luar Polda Metro. Yang diperbolehkan masuk amien sama pengacaranya," kata Argo di Polda Metro Jaya, Selasa (9/10/2018).

Lebih lanjut, Argo juga mengimbau agar massa PA 212 bisa bersikap tertib selama melakukan pengawalan terhadap Amien Rais.

"Kami berharap baik pendukungnya maupun yang mengantar tidak melakukan hal yang kami tidak inginkan di sana. Kami yakin lah nanti pasti enggak ada kejadian apa-apa," kata dia.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS