Santap Nasi Kotak, 72 Warga Bogor Keracunan Massal

Reza Gunadha
Santap Nasi Kotak, 72 Warga Bogor Keracunan Massal
Diduga keracunan seusai menyantap nasi kotak, puluhan warga di Kampung Cicopong RT2/RW3 Desa/Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terpaksa dilarikan ke rumah sakit. [Suara.com/Rambiga]

"Sampai Senin malam ini ada 72 orang yang diduga keracunan."

Suara.com - Diduga keracunan seusai menyantap nasi kotak, puluhan warga di Kampung Cicopong RT2/RW3 Desa/Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terpaksa dilarikan ke rumah sakit.

Kasubag Humas Polres Bogor Ajun Komisaris Ita Puspita Lena mengatakan, peristiwa itu bermula saat puluhan warga yang mayoritas remaja perempuan dan ibu-ibu menyantap nasi kota seusai perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW pada Minggu 11 November 2018.

"Kemarin pagi, ada acara masyarakat dihadiri sekitar 100 orang kebanyakan remaja wanita dan ibu-ibu. Mereka disuguhi nasi kotak isi sayur nangka, telur dan kue tradisional," kata Ita, Senin (12/11/2018).

Malam harinya, satu persatu warga yang menyantap makanan itu mengeluhkan gejala keracunan seperti pusing, mual dan muntah. Hingga akhirnya, terdapat 72 orang yang mendapatkan perawatan medis.

"Sampai Senin malam ini ada 72 orang yang diduga keracunan. Rinciannya 27 orang di Puskesmas, 16 di RSUD Leuwiliang dan 29 orang rawat jalan," jelasnya.

Saat ini, pihaknya masih terus melakukan pendataan dan akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor untuk mengetahui penyebab pasti gejala keracunam massal tersebut.

"Kemungkinan korban akan bertambah karena pesertanya banyak. Untuk korban jiwa sampai saat ini tidak ada, kami juga akan lakukan uji sampel makanan nasi kotak ke Dinas Kesehatan," pungkas Ita.

Kontributor : Rambiga
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS