Marak Vandalisme, Pemkot Jaksel Bakal Tambah Anggaran Pengadaan CCTV

Dwi Bowo Raharjo | Chyntia Sami Bhayangkara
Marak Vandalisme, Pemkot Jaksel Bakal Tambah Anggaran Pengadaan CCTV
Pekerja memasang CCTV di depan Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (25/9).

Pemkot Jaksel bakal pasang CCTV di sejumlah fasilitas umum.

Suara.com - Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali akan memasang Closed Circuit Television ( CCTV ) atau kamera pengawas di sejumlah fasilitas umum di wilayahnya. Hal itu dilakukan lantaran maraknya aksi vandalisme yang terjadi di wilayah Jakarta Selatan.

Marullah mengatakan, Pemkot Jaksel berencana untuk menambahkan anggaran pengadaan CCTV. Sebab, dengan CCTV pelaku vandalisme bisa diketahui dan segera ditangkap untuk efek jera.

"Saya setuju juga kalau anggaraan memadai untuk dikasih CCTV biar kelihatan. Kita bukan untuk memata-matai warga, tapi ingin mendidik dan mengedukasi warga," kata Marullah saat dihubungi, Senin (17/12/2018).

Marullah menilai, pemasangan CCTV merupakan langkah representatif untuk mencegah adanya vandalisme. Jika CCTV dipasang, para pelaku pun akan sungkan untuk beraksi.

Marullah meyakini budaya bangsa Indonesia adalah mau menjaga fasilitas umum. Bukan melakukan aksi vandalisme hingga pengerusakan di sejumlah fasilitas umum.

"Kita ingin mendidik dan mengedukasi warga. Kembalilah ke budaya yang dulu. Budaya kita kan bukan budaya vandal. Mari kita pelihara fasilitas umum," ungkap Marullah.

Sebelumnya, aksi vandalisme marak terjadi di beberapa fasilitas umum yang ada di Jakarta Selatan. Belum lama ini, vandalisme ditemukan di dinding Underpass Mampang Prapatan, separator busway kawasan Mampang hingga vandalisme yang mengotori dinding Halte Transjakarta Setiabudi.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS