Gunung Etna di Sisilia Meletus, 130 Kali Gempa Bumi

Dythia Novianty
Gunung Etna di Sisilia Meletus, 130 Kali Gempa Bumi
Gunung Etna, Sisilia meletus. [AFP]

Gunung berapi paling aktif di Eropa, Gunung Etna di Sisilia, meletus.

Suara.com - Gunung berapi paling aktif di Eropa, Gunung Etna di Sisilia, meletus pada hari Senin (24/12/2018). Pejabat setempat melaporkan lebih dari 130 kali gempa bumi dengan kekuatan hingga 4,3 SR.

Observatorium Gunung Etna mengatakan, lava telah memuntahkan dari fraktur baru di dekat kawah tenggara.

Seorang ahli vulkanologi setempat mengatakan, itu adalah "letusan sayap pertama" Etna dalam lebih dari satu dekade.

Abu vulkanik menutupi desa-desa terdekat, sementara pesawat ke bandara Catania harus dihentikan sementara.

Sebuah ledakan besar terasa dekat dengan Etna di pagi hari.

Sebuah video yang terekam pada ketinggian 2.500 m (8.200 kaki) di atas gunung berapi 3.350 m, menunjukkan penyebaran abu yang cepat. Orang-orang di lereng gunung diminta segera evakuasi.

Bandara Catania mengatakan bahwa wilayah udara telah dibuka kembali untuk memungkinkan empat pesawat mendarat per jam, sebelum mengonfirmasi itu akan kembali ke operasi normal pada pukul 20:00 waktu setempat (19:00 GMT).

Lembaga vulkanologi INGV Italia mengatakan bahwa selama periode tiga jam dari 08:50 (07:50 GMT) pada hari Senin, terjadi lebih dari 130 kali gempa bumi.

Gunung Etna meletus. [Twitter]
Gunung Etna meletus. [Twitter]

Getaran terbesar berkekuatan 4 SR ada di sisi timur laut Etna dekat Piano Pernicana, sementara yang lain dengan kekuatan serupa terasa di sayap utara. Kemudian diikuti oleh letusan hebat dari kawah tenggara baru gunung berapi.

Kemudian pada hari Senin, gempa berkekuatan 4,3 SR juga dicatat oleh para pejabat dan paling kuat dirasakan sepanjang hari.

Meskipun Etna telah sering bererupsi, INGV mengatakan pada bulan Agustus bahwa gunung berapi telah tumbuh lebih cepat daripada sebelumnya dalam beberapa tahun terakhir.

Pada bulan Maret, sebuah tim yang dipimpin Inggris mengatakan bahwa seluruh struktur gunung berapi utama Eropa bergerak ke arah laut dengan kecepatan 14mm per tahun. [BBC]

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS