Tak Hanya di Rancaekek, 7 Desa di Jawa Timur Rusak Disapu Puting Beliung

Bangun Santoso
Tak Hanya di Rancaekek, 7 Desa di Jawa Timur Rusak Disapu Puting Beliung
Ilustrasi dampak angin puting beliung di Kabupaten Cirebon beberapa waktu lalu. [ANTARA FOTO/Dedhez Anggara]

Akibat angin puting beliung di Jombang itu satu orang dikabarkan tertimpa pohon

Suara.com - Bencana angin puting beliung baru saja menerjang ratusan rumah di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung Jawa Barat pada Jumat (11/1/2019) petang. Bencana yang sama juga menerja 7 desa di Kabupaten Jombang, Jawa Timur di hari yang sama.

Desa yang disapu angin puting beliung di Jombang itu berada di Kecamatan Bandar Kedungmulyo. Selain mengakibatkan rumah rusak, satu orang terluka karena tertimpa ranting pohon.

Korban adalah Junaidi (39), warga Dusun Prayungan, Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandar Kedungmulyo.

"Korban mengalami luka di bagian mata karena tertimpa ranting pohon. Saat kejadian korban berteduh di bawah pohon,” kata Kapolsek Bandar Kedungmulyo AKP Darmaji, seperti dikutip dari Beritajatim.com, Sabtu (12/1/2019).

Darmaji mengatakan, angin puting beliung yang terjadi Jumat (11/1/2019) petang itu juga mengakibatkan sejumlah fasilitas umum rusak. Di antaranya, musala dan pos kamling di Dusun Bandar, Desa Bandar Kedungmulyo. Kemudian satu sekolah RA Muslimat di Dusun Semelo, Desa Kayen.

“Kalau rumah yang rusak jumlahnya puluhan. Pagi ini, kami bersama BPBD, TNI, serta warga melakukan kerja bakti pembersihan sisa bencana,” kata Darmaji.

Sementara itu, data dari BPBD Jombang menyebutkan, tujuh desa di Kecamatan Bandar Kedungmulyo yang diterjang putih beliung adalah Mojokambang, Kayen, Pucangsimo, Brodot, Banjarsari, Gondangmanis, serta Bandar.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS