Tanggul Kali Pulo Jebol, Dua RT di Jati Padang Terendam Banjir 60 Cm

M. Reza Sulaiman
Tanggul Kali Pulo Jebol, Dua RT di Jati Padang Terendam Banjir 60 Cm
Ilustrasi hujan disertai angin kencang. [Shutterstock]

Hujan deras sejak siang hari di wilayah Jakarta Selatan mengakibatkan jebolnya tanggul Kali Pulo.

Suara.com - Hujan deras mengguyur sebagian wilayah DKI Jakarta hari ini. Akibatnya, dua Rukun Tetangga (RT) di Kelurahan Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, terendam banjir hingga 60 cm setelah tanggul Kali Pulo jebol pada Minggu (13/1/2019).

Badan Penanggulangan Bencana Provinsi (BPBD) DKI Jakarta mencatat dua RT yang terendam adalah RT 003 dan RT 004 di wilayah Rukun Warga (RW) 006, Kelurahan Jati Padang.

BPBD DKI Jakarta mengatakan kejadian ini terjadi pada pukul 18.30 WIB. Sementara itu, Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan, Holi Susanto, mengatakan sudah mengerahkan petugas untuk membantu warga.

"Dari pasukan biru (jajaran Sudin SDA Jaksel) ada 20 anggota dan dibantu anggota PPSU (Penanganan Prasarana dan Sarana Umum) Kelurahan Jati Padang juga dari jajaran TNI," kata Holi, dilansir Antara.

Untuk mengatasinya, petugas memasang crucuk (struktur tiang-tiang kayu dolken) serta menimbun karung-karung pasir untuk menahan laju air Kali Pulo.

"Kami sudah memasang 'crucuk' dolken dan menimbun karung-karung pasir untuk menjadi penahan sementara," kata Holi.

Hingga saat ini, BPBD DKI Jakarta mengatakan tidak ada korban luka maupun korban jiwa dari jebolnya tanggul Kali Pulo. [ANTARA]

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS