Cuma Sumbang Pertanyaan, Ketua KPK Urung Hadir di Debat Capres-Cawapres

Agung Sandy Lesmana | Welly Hidayat
Cuma Sumbang Pertanyaan, Ketua KPK Urung Hadir di Debat Capres-Cawapres
Ketua KPK Agus Rahardjo. (Suara.com/Oke Atmaja)

Agus urung hadir dalam acara debat Pilpres meski namanya sudah ditunjuk menjadi salah satu panelis.

Suara.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo memastikan tak akan hadir dalam debat perdana calon presiden dan wakil presiden 2019 di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019) besok. Agus urung hadir dalam acara debat Pilpres meski namanya sudah ditunjuk menjadi salah satu panelis.

"Kami sudah dari awal memberitahukan kepada KPU, KPK tak bisa hadir dalam acara debat," kata Agus di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2019).

Dia mengaku alasan tak hadir di acara debat perdana itu untuk menjaga independensi KPK sebagai lembaga superbody yang tak mau ikut campur dalam kontestasi politik seperti Pilpres 2019.

"Kan pada waktu kami mau masuk, banyak yang memperdebatkan jangan sampai kami masuk ranah politik independensi kami di mana," ungkap Agus.

Meski tak hadir, Agus bersama komisioner KPK lainnya ikut menyumbang pertanyaan dalam acara debat yang akan dihadiri pasangan nomor urut 01 Joko Widodo - Maruf Amin dan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno. Namun demikian, Agus mengaku tak tahu apakah daftar pertanyaan itu akan dikeluarkan atau tidak oleh KPU

"Karena setiap sub seksi ada lima kan, lima untuk hukum, lima untuk terorisme, lima untuk korupsi, lima untuk HAM, yang keluar yang mana kan enggak tahu, tapi sudah dibagikan kalau tidak salah," tutup Agus.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS