Klaim Kisi-kisi Debat Tak Penting, Ini Penjelasan TKN Jokowi

Agung Sandy Lesmana | Muhammad Yasir
Klaim Kisi-kisi Debat Tak Penting, Ini Penjelasan TKN Jokowi
Sekretaris TKN Joko Widodo - Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto. (Suara.com/Muhamad Yasir)

Sebab, Hasto mengklaim, Jokowi selaku capres petahana sudah paham segala permasalahan karena dianggap sebagai pemimpin yang tumbuh dari bawah.

Suara.com - Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo - Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto tak menyoal terkait keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang meniadakan kisi-kisi pertanyaan saat debat kedua Pilpres 2019. Hasto memastikan Jokowi - Ma'ruf Amin siap menjalani debat tanpa kisi-kisi.

Menurutnya, pemberian kisi-kisi tidak terlalu berarti, lantaran tema debat capres-cawapres yang disajikan KPU sudah menjadi kisi-kisi bagi kedua kandidat.

"Ya tema debatnya itu sendiri kan pada dasarnya sebagai sebuah pengerucutan kisi- kisi itu," kata Hasto saat ditemui di acara peresmian Official Store atribut PDIP 'RedMe' di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2019).

Terkait hal itu, Hasto menegaskan Jokowi - Ma'ruf Amin tidak memiliki persiapan khusus untuk menghadapi debat berikutnya. Sebab, Hasto mengklaim, Jokowi selaku capres petahana sudah paham segala permasalahan karena dianggap sebagai pemimpin yang tumbuh dari bawah.

"Pak Jokowi - Kiai Maruf Amin karena selama ini tumbuh dari bawah ya enggak perlu konsultan asing untuk membisikkan sesuatu, karena apapun tema debat itu sudah menjadi bagian dari kisi-kisi ujian," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, KPU memastikan tidak akan memberi kisi-kisi pertanyaan saat debat kedua Pilpres. Hal itu dilakukan sebagai tindak lanjut atas beberapa masukan ahli dan masyarakat yang menilai jalannya debat sesi pertama berjalan tidak menarik lantaran adanya kisi-kisi pertanyaan yang diberikan sebelum debat sesi pertama.

Debat sesi kedua sendiri dijadwalkan akan berlangsung di Hotel Sultan Jakarta pada 17 Februari 2019 mendatang. Pada debat kedua tersebut hanya akan menampilkan Capres 01 Jokowi dan Capres 02 Prabowo Subianto. Adapun tema debat dalam sesi kedua tersebut, yakni Energi dan Pangan, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup serta Infrastruktur.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS