Imbauan Menyanyikan Indonesia Raya di Bioskop Dicabut, Ini Kata Sandiaga

Dwi Bowo Raharjo | Walda Marison
Imbauan Menyanyikan Indonesia Raya di Bioskop Dicabut, Ini Kata Sandiaga
Sandiaga Uno di SMA Pangudi Luhur I, Jalan Brawijaya IV, Jakarta Selatan, Sabtu (2/2/2019). (Suara.com/Walda Marison)

"Tapi alangkah baiknya kalau kebijakan (lagu Indonesia Raya) itu disuarakan harus dengan pemikiran perencanaan yang matang," kata Sandiaga.

Suara.com - Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno ikut menanggapi wacara pemerintah terkait diwajibkan bagi penonton menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum pemutaran film di bioskop. Namun, Sandiaga meminta jika hal tersebut diterapkan harus dikaji dengan matang.

"Tapi alangkah baiknya kalau kebijakan itu disuarakan harus dengan pemikiran perencanaan yang matang, sosialisasi yang baik, dan akan memakan waktu yang cukup untuk sosialisasi terutama kepada warga," ujar Sandiaga di SMA Pangudi Luhur I, Jakarta Selatan, Sabtu (2/2/2019).

Meski demikian, Sandiaga meminta pemerintah tidak tergesa-gesa jika ingin menerapkan kebijakan tersebut. Menurutnya, tidak tepat jika diterapkan di masa kampanye Pemilu 2019.

"Jangan sampai ujuk-ujuk, grasa-grusu, akhirnya menimbulkan polemik, karena kita sekarang ada di titik yang semuanya terpolitisasi dan menurut saya sudah masuk yang ke tahap tidak sehat," terangnya.

Imbauan tersebut sebelumnya dikeluarkan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. Surat imbauan tersebut bernomor 1.30.1/Menpora/1/2019 tentang Aktivitas Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Sebelum Pemutaran Film.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Menteri Imam itu diminta kepada para pengelola bioskop untuk menayangkan lagu Indonesia Raya dan menyanyikannya bersama para penonton sebelum film dimulai. Pihak Kemenpora menganggap hal tersebut mampu membangkitkan jiwa nasionalisme para penonton.

Meski demikian, imbauan tersebut kekinian sudah dicabut oleh Kemenpora . Alasannya karena menimbulkan kegaduhan.

Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewa Broto menjelaskan, imbauan Menpora Imam Nahrawi menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum nonton bioskop dicabut karena menimbulkan kontroversi. Sehingga hari ini imbauan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum nonton bioskop itu dicabut.

"Betul sudah dicabut," kata Gatot saat dihubungi, Jumat (1/2/2019).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS