Gempa di Padang dan Sekitarnya, BMKG Rilis Peringatan Dini Cuaca Sumbar

Arsito Hidayatullah
Gempa di Padang dan Sekitarnya, BMKG Rilis Peringatan Dini Cuaca Sumbar
Gambaran kondisi cuaca di kawasan Sumbar yang saat bersamaan juga dilanda gempa, yang dirilis BMKG sebagai peringatan dini, Sabtu (2/2/2019). [BMKG.go.id]

Setidaknya 3 kali gempa dilaporkan terjadi yang dirasakan di Padang dan sekitarnya, sementara peringatan dini cuaca pun dirilis BMKG.

Suara.com - Menyusul rilis data terkait gempa Padang pada Sabtu (2/2/2019) sore, pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga merilis peringatan dini cuaca di kawasan Sumatera Barat (Sumbar).

Sebelumnya, BMKG mencatat dan merilis adanya aktivitas gempa setidaknya tiga kali pada Sabtu sore ini, di kawasan Sumbar. Ketiga gempa tersebut tercatat berpusat di tenggara Kepulauan Mentawai.

Gempa pertama dilaporkan terjadi pada pukul 16.27 WIB, dengan magnitude 6, berpusat di laut berjarak 117 km tenggara Kepulauan Mentawai. Pusat gempa disebut berada di kedalaman 17 km, yang dirasakan mulai dari wilayah Padang, Pariaman, Painan, Padang Panjang, hingga Solok, selain di Kepulauan Mentawai sendiri.

Sementara, gempa kedua pada sore hari ini yang dilaporkan menyusul terjadi sekitar 31 menit kemudian, juga disebut berpusat di kawasan tenggara Kepulauan Mentawai.

"#Gempa Mag:5.2, 02-Feb-19 16:58:12 WIB, Lok:2.88 LS,99.96 BT (105 km Tenggara KEP-MENTAWAI-SUMBAR), Kedalaman:24 Km, tidak berpotensi tsunami #BMKG," tulis pihak BMKG melalui akun Twitter @infoBMKG.

Terbaru adalah data adanya gempa lagi pada pukul 17.59, juga dengan magnitude 6, yang berpusat di 121 km arah tenggara Kepulauan Mentawai.

"#Gempa Mag:6.0, 02-Feb-19 17:59:28 WIB, Lok:3.06 LS,99.88 BT (121 km Tenggara KEP-MENTAWAI-SUMBAR), Kedalaman:18 Km, tidak berpotensi tsunami #BMKG," cuit akun Twitter BMKG pula.

Akan halnya untuk peringatan dini cuaca, pihak BMKG menginformasikan bahwa masih terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai petir/kilat dan angin kencang, di beberapa wilayah Sumatera Barat. Adapun daerah terdampak disebut antara lain mulai dari wilayah Kepulauan Mentawai (Siberut), Pasaman Barat, sebagian Agam, Padang Pariaman, dan dapat meluas ke wilayah Padang Panjang dan sekitarnya.

Dalam update peringatan dini yang dirilis pukul 17.00 WIB itu, kondisi cuaca tersebut diprakirakan masih akan berlangsung hingga pukul 20.00 WIB.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS