Cek Fakta

CEK FAKTA: Petinggi Hanura Bongkar Kecurangan Wiranto, Serius?

Bangun Santoso
CEK FAKTA: Petinggi Hanura Bongkar Kecurangan Wiranto, Serius?
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto. (Suara.com/Chyntia)

Sejumlah petinggi Hanura disebut membongkar sepak terjang Wiranto

Suara.com - Jagat media sosial tak pernah berhenti dari beragam informasi. Sayang, informasi yang berseliweran itu tak sepenuhnya benar. Tak sedikit postingan yang diunggah di media sosial ternyata sudah teraduk dengan beragam opini sehingga informasi yang diberikan atau diterima netizen tak sepenuhnya benar, bahkan salah.

Salah satunya adalah sebuah video yang diposting akun Facebook bernama Yuni Irianingtyas di sebuah grup 'PRABOWO FOR NKRI'. Dalam grup tersebut, akun Yuni Irianingtyas mengunggah sebuah video berdurasi 4,17 menit.

Dalam unggahannya, Yuni Irianingtyas menulis narasi: "Nah lo..!!para petinggi HANURA PUSAT bicara blak2 kan.. Sepak terjang wiranto. seorang wiranto udah jelas niat wiranto akan melakukan kecurangan terhadap peghitungan suara…yg bongkar ini pimpinan partai hanura sendiri"

Video itu diunggah pada 12 Januari 2019 pukul 15.09 WIB. Hingga Kamis (7/2/2019) pukul 10.12 WIB, unggahan itu sudah menuai 112 komentar, 40 ribu lebih dibagikan dan 9.000 lebih tanda like.

Cek Fakta: Petinggi Hanura disebut bongkar sepak terjang Wiranto. (Facebook)
Cek Fakta: Petinggi Hanura disebut bongkar sepak terjang Wiranto. (Facebook)

Penjelasan

Dari hasil penelusuran Masyarakat Anti Fitnah Indonesia atau Mafindo, video yang diunggah akun Yuni Irianingtyas itu ternyata adalah video mengenai konflik Partai Hanura. Di mana video tersebut tidak ada hubungannya dengan masalah perhitungan suara.

Post sumber atau yang mengunggah video tersebut juga menambahkan narasi untuk membangun premis yang salah. Yakni memelintir konteks video yang sebenarnya. Di mana konten tang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah.

Salah satu sumber video bisa dicek di channel Youtube di sini.

Kesimpulan

Sumber utama pengunggah di Facebook diduga sengaja memelintir konteks video yang sebenarnya dan berisi konteks informasi yang salah. Yakni dengan menambah narasi untuk membangun premis yang salah.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS