Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Polwan Cantik Pose 2 Jari Dukung Prabowo - Sandiaga?

Reza Gunadha
CEK FAKTA: Polwan Cantik Pose 2 Jari Dukung Prabowo - Sandiaga?
[Facebook/Murti Nurlia]

"Baru saya liat polisi berani begini. Salut untuk baknya. Mudah-mudahan mbak diberi pemikiran yang luas dan selalu dilindungi Tuhan YME. Salam dua jari mbak."

Suara.com - Warganet dihebohkan oleh foto seorang polwan yang berpose mengacungkan dua jari, yakni jempol dan telunjuknya.

Foto polwan itu membuat geger warganet karena pose dua jari itu, menjelang Pilpres 2019, lazim diidentikkan dengan pendukung Capres dan Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno.

Klaim yang diperiksa

Foto itu diunggah oleh akun Facebook bernama Murti Nurlia. Akun itu juga menjadikan foto polwan itu sebagai potret profil dirinya.

Pada kolom komentar unggahan foto tersebut, sejumlah warganet memberikan komentar:

"Baru saya liat polisi berani begini. Salut untuk baknya. Mudah-mudahan mbak diberi pemikiran yang luas dan selalu dilindungi Tuhan YME. Salam dua jari mbak."

Fakta

Polwan dalam foto tersebut adalah Bripda Chindi Ayu Permata Sari. Dia bertugas di Polres Pesawaran. Hal tersebut diungkapkan Humas Polda Lampung melalui akun Instagram resmi mereka.

Pose yang ditampilkan Bripda Chindi bukanlah bentuk dukungan kepada pasangan Capres nomor urut 2 Prabowo – Sandiaga.

Bentuk dua jari Bripda Chindi itu membentuk huruf “L” yang sejak lama digunakan warga Lampung untuk menunjukkan identitas daerahnya.

Foto itu sendiri juga sudah dimuat akun Instagram milik polwan tersebut sejak tahun 2016.

[Instagram/Polda Lampung]
[Instagram/Polda Lampung]

Kesimpulan

Foto polwan berpose dua jari itu benar. Tapi pose tersebut tidak merujuk pada situasi politik di Indonesia menjelang Pilpres 2019.

Dengan demikian, fototersebut digunakan oleh akun Facebook dan diberikan konteks baru yang sebenarnya tak terkait sehingga menimbulkan kekeliruan alias misinformasi kepada publik.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS