Jokowi Pamer Program Ekonomi Umat dan Ekonomi Rakyat

Dwi Bowo Raharjo | Ummi Hadyah Saleh
Jokowi Pamer Program Ekonomi Umat dan Ekonomi Rakyat
Presiden Jokowi menghadiri penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Ketahanan Pangan dan Kemitraan Umat. (Suara.com/Umay Saleh)

Jokowi kemudian mengimbau kepada penerima KUR untuk disiplin dalam mengangsur pinjaman.

Suara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Ketahanan Pangan dan Kemitraan Umat di Pondok Pesantren Miftahul Huda, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (27/2/2019). Jokowi mengatakan pemerintah memiliki program ekonomi umat dan program ekonomi rakyat.

Jokowi menerangkan, program tersebut diantaranya  Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar), pembiayaan Ultra Mikro (UMi) dan program Kredit Usaha Rakyat KUR.

"Pemerintah punya program-program ekonomi umat, ekonomi rakyat. Yang pertama ada program Mekaar. Pinjaman nya memang nggak banyak, ini kredit usaha mikro. Kedua program Umi (Ultra mikro) lebih kecil lagi, bisa dipakai untuk usaha yang kecil kecil. Kemudian kalau lebih banyak, KUR," ujar Jokowi yang datang mengenakan jas dan sarung.

Jokowi kemudian mengimbau kepada penerima KUR untuk disiplin dalam mengangsur pinjaman.

"Ini saya titip, yang namanya minjam tuh harus bayar. Yang namanya pinjam harus nyicil, ngangsur, disiplin," ujar Jokowi

Tak hanya itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengingatkan agar uang pinjaman KUR tidak digunakan untuk konsumtif seperti membeli motor.

"Saya pesan betul, jangan sampai pulang dari Bank dapat KUR Rp 30 juta, besoknya malah ke dealer sepeda motor pulang gagah bawa motor baru," kata Jokowi.

"Paling-paling 6 (enam) bulan nggak kuat nyicil, sepeda motor ditarik, KUR nya juga macet. Semuanya harus dipakai untuk modal kita, jangan buat belanja konsumtif. Nanti kalau sudah dapat untung, nah keuntungannya itu baru boleh buat beli pakaian," Jokowi menambahkan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS