NU Hapus Kata Kafir, Fahri: Kafir Istilah Kitab Suci, Gak Bisa Diamandemen

Pebriansyah Ariefana | Chyntia Sami Bhayangkara
NU Hapus Kata Kafir, Fahri: Kafir Istilah Kitab Suci, Gak Bisa Diamandemen
Kicauan Fahri Hamzah soal keputusan NU menghapus panggilan kafir untuk non-muslim (Twitter)

"Lah apa hak kita mengubah konsep iman? Nabi aja nggak boleh. Heran saya. Ini kan sederhana"

Suara.com - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menyindir Nahdlatul Ulama (NU) yang meminta agar non muslim tidak lagi disebut kafir. Fahri menilai, keputusaan itu dikeluarkan sebagai bukti bahwa tokoh Islam minder dengan konsep keimanannya sendiri.

Hal itu telah disampaikan oleh Fahri melalui akun Twitter miliknya @fahrihamzah. Fahri menyebut kata kafir merupakan istilah yang muncul dari kitab suci dan tidak bisa diamandemen atau diperbaiki.

Susah kalau tokoh Islam minder dengan konsep iman mereka sendiri. #katakafir itu istilah dalam kitab suci, nggak bisa diamandemen, itu wahyu Ilahi,” kicau Fahri seperti dikutip Suara.com, Jumat (1/3/2019).

Fahri menilai, penggunaan kata kafir yang dibandingkan dengan toleransi tidaklah tepat. Kedewasaan berwarganegara dan toleransi itu ditentukan oleh kemampuan tiap warga negara dalam mencerna perbedaan konsep dalam iman.

Justru kedewasaan berwarganegara dan toleransi itu ditentukan oleh kemampuan kita untuk mencerna perbedaan konsep dalam iman. Ini malah toleransi mau merasuk pada perubahan konsep iman. Lah apa hak kita mengubah konsep iman? Nabi aja gak boleh. Heran saya. Ini kan sederhana,” ungkap Fahri.

Terlebih, kata kafir pun padanannya ada di banyak agama. Fahri tak terima bila agama Islam yang menjadi korban dan Al Quran yang dipersoalkan.

Kenapa yang jadi korban hanya agama Islam? Kenapa Al Quran yang dipersoalkan? Susah banget mau jadi orang Islam. Kalau oleh konsep iman agama lain saya disebut kafir ya terima saja. Memang kenapa kalau kafir?” tutup Fahri.

Komentar

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS