Pakai Sistem Gugur, Catat Tahapan Seleksi 11.000 Lowongan Kerja BUMN Ini

Reza Gunadha | Chyntia Sami Bhayangkara
Pakai Sistem Gugur, Catat Tahapan Seleksi 11.000 Lowongan Kerja BUMN Ini
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka sebanyak 11.000 lowongan kerja. (screenshot)

Nantinya ada 3 sub-tahapan yang harus dilalui oleh para peserta, yakni tes kemampuan sesuai posisi pilihan, wawancara manajemen dan tes kesehatan.

Suara.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara resmi membuka sebanyak 11.000 lowongan kerja yang tergabung dalam Perekrutan Bersama BUMN. Untuk bisa mengajukan berkas lamaran, ada beberapa sistematika seleksi yang perlu diketahui.

Dikutip dari laman daring Kementerian BUMN, ada tiga tahapan seleksi yang harus dilalui oleh pendaftar sebelum dinyatakan lolos dan menjadi bagian dari keluarga institusi.

Pada tahap awal, para pendaftar diminta untuk melakukan pendaftaran dan seleksi berkas melalui laman daring rekrutbersama.fhcibumn.com.

“Para peserta dapat membuat akun pendaftaran, memasukkan biodata pribadi dan mengunggah sejumlah dokumen pendukung pada laman rekrutbersama.fhcibumn.com,” demikian informasi yang tertera seperti dikutip Suara.com, Sabtu (9/3/2019).

Bila dalam tahap seleksi administrasi dinyatakan lolos, maka peserta akan diarahkan ke halaman kartu peserta dan bersiap untuk melakukan seleksi awal.

Sebelum memulai untuk melakukan psikotes, maka peserta diminta untuk memilih 3 posisi atau BUMN.

Dalam memilih posisi ini, peserta diharapkan dapat menyesuaikan dengan minat dan bakat. Selain itu, pertimbangkan dengan matang sesuai dengan prioritasmu posisi mana yang akan dituju.

Setelah lolos dari proses pendaftaran dan seleksi awal, peserta akan melakukan Seleksi Kemampuan Dasar. Tes ini dilakukan secara online.

“Peserta akan melakukan tes kemampuan dasar/ VNS Test (Verbal, Numerical & Spatial) atau lebih kenal dengan nama Psikotes Kognitif dan dilakukan secara online,” demikian informasi yang tertera.

Setelah melewati Seleksi Kemampuan Dasar, maka proses seleksi selanjutnya akan dilakukan oleh BUMN masing-masing.

Nantinya ada 3 sub-tahapan yang harus dilalui oleh para peserta, yakni tes kemampuan sesuai posisi pilihan, wawancara manajemen dan tes kesehatan.

[Kementerian BUMN]
[Kementerian BUMN]

Dalam setiap tahapan juga berlaku sistem gugur sehingga peserta yang memenuhi kualifikasi saja yang bisa mengikuti tahapan selanjutnya.

“Setiap kategori memiliki passing grade masing-masing dan setiap BUMN juga memiliki passing grade masing-masing,” tulis BUMN.

Untuk mengetahui status di tiap tes yang dilalui dapat melihatnya di website resmi Perekrutan Bersama BUMN dan email yang telah didaftarkan.

Proses pendaftaran sudah dimulai sejak 8 Maret 2019 dan akan berakhir pada 17 Maret 2019.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS