Cek Fakta

CEK FAKTA: Sandiaga Klaim OKE OCE Turunkan 20.000 Pengangguran, Benarkah?

Bangun Santoso
CEK FAKTA: Sandiaga Klaim OKE OCE Turunkan 20.000 Pengangguran, Benarkah?
Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno tiba untuk mengikuti debat capres putaran ketiga di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019). [Antara Foto/Dhemas Reviyanto/pras]

Sandiaga Uno berjanji akan membawa OKE OCE ke tingkat nasional untuk mengatasi masalah pengangguran

Suara.com - Dalam debat pilpres ketiga yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta pada Minggu (17/3/2019) Cawapres nomor urut 02 mengklaim program OKE OCE di Jakarta berhasil menurunkan hingga 20.000 pengangguran.

Menurut Sandiaga, untuk menuju Indonesia maju, salah satu yang harus dipecahkan masalahnya adalah terciptanya lapangan pekerjaan, khususnya bagi para generasi muda.

"Saya pernah menjadi pengangguran, masa depan anak-anak muda kita adalah kesempatan," ujar Sandiaga.

Untuk mengejar target lapangan pekerjaan itu, apabila terpilih dalam Pilpres 2019 nanti, pihaknya akan membentu suatu pelayanan terpadu satu pintu yang khusus bagi para pencari lapangan pekerjaan.

"Mereka diarahkan wirausaha, mereka bisa bergabung program OKE OCE. Program ini bisa menurunkan pengangguran 20.000 di 2018 kami melihat hasil nyata," kata Sandiaga.

Lantas bagaimana sebenarnya fakta program OKE OCE yang pernah digaungkan Sandiaga kala menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta?

Dari penelusuran Suara.com, klaim Sandiaga soal program OKE OCE yang berhasil menurunkan pengangguran hingga 20.000 sudah sempat dilontarkan di berbagai kesempatan sebelum debat pilpres berlangsung.

Saat berkunjung ke Ciamis, Jawa Barat pada Sabtu (9/3/2019), Sandiaga menyebut OKE OCE merupakan solusi untuk menekan angka pengangguran dan menciptakan lapangan pekerjaan.

"Kalau orang nganggur, anak-anak muda yang semangat, terima gaji nggak ngapa-ngapain, ada harga dirinya nggak? Anak-anak muda jangan digaji kalau jadi pengangguran, tapi dikasih pelatihan. Kalau nggak bisa cari kerja, kita ciptakan lapangan kerja," ujar Sandiaga.

Menurut Sandi, OK OCE sudah berjalan hampir dua tahun dan sudah menunjukkan hasilnya secara ril dan konkret saat diterapkan di DKI Jakarta. Kata dia, sudah lebih dari 60 ribu pendaftarnya dan pengangguran turun 30 ribu.

"Sekarang kita bawa ke nasional juga ke Ciamis. Insyaallah, pengangguran di nasionalnya juga akan turun. Lima tahun ke depan ini adalah kebangkitan kita," kata pria yang beken disapa Sandi itu.

Sandiaga menjelaskan dari data yang diperolehnya, 7 juta orang Indonesia masih menganggur dan dominannya justru di anak muda. Prabowo-Sandi fokus pada ekonomi. Terutama harga kebutuhan pokok yang stabil serta terjangkau, juga penyediaan dan penciptaan lapangan kerja.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS