Jam Terbang Ma'ruf Amin Mengalahkan Sandiaga Uno di Debat Cawapres

Iwan Supriyatna | Novian Ardiansyah
Jam Terbang Ma'ruf Amin Mengalahkan Sandiaga Uno di Debat Cawapres
Cawapres nomor urut 01 K.H. Ma'ruf Amin dengan Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno saat mengikuti debat putaran ketiga di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3).[Suara.com/Arief Hermawan P]

Debat cawapres antara Maruf Amin dan Sandiaga Uno dinilai tidak seimbang.

Suara.com - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menilai, debat cawapres antara Maruf Amin dan Sandiaga Uno tidak seimbang. Ia menilai Maruf Amin lebih unggul ketimbang Sandiaga.

Bamsoet mengatakan, unggulnya Maruf Amin dalam debat lantaran banyaknya pengalaman Maruf Amin dalam hal pemerintahan.

"Justru saya melihat dalam tanda petik tidak seimbang karena mungkin jam terbang Pak Kyai Maruf lebih tinggi. Sementara Sandi ya kan sama seperti saya, relatif muda. Mungkin jam terbangnya masih terbatas," ujar Bamsoet di Gedung DPR RI, Senin (18/3/2019).

Bamsoet juga turut menanggapi adanya kertas yang dibawa Maruf Amin saat debat. Ia menyebut bahwa kertas tersebut bukan sebuah contekan, melainkan hanya daftar pertanyaan.

"Jadi informasi yang saya peroleh contekan itu dalam konteks pertanyaan, bukan jawaban. Jadi nggak salah juga beliau ingin bertanya secara struktural dan tepat sasaran. Maka diperlukan untuk melihat catatan," kata Bamsoet.

Selain mengomentari perihal contekan, Bamsoet juga mengomentari semua jawaban maupun pertanyaan yang disampaikan oleh Maruf Amin.

"Substansinya adalah apakah Pak Maruf menguasai materi atau tidak. Menurut penilaian saya beliau semalam sangat menguasai persoalan dan substansi dan pertanyaan-pertanyaan yang ada dijawab tuntas sesuai dengan wawasan yang dimilikinya," ujarnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS