KPU Tegaskan Tak Larang Paslon Bawa Contekan dan Gadget saat Debat

Agung Sandy Lesmana | Muhammad Yasir
KPU Tegaskan Tak Larang Paslon Bawa Contekan dan Gadget saat Debat
Cawapres nomor urut 01 K.H. Ma'ruf Amin dengan Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno saat mengikuti debat putaran ketiga di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3).[Suara.com/Arief Hermawan P]

"Tidak ada larangan membawa catatan atau gadget dalam debat. Publikjuga menilai kemampuan kandidat menjelaskan tema tertentu," kata Wahyu kepada wartawan, Senin (18/3/2019).

Suara.com - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan menyatakan tak ada larangan bagi kandidat calon presiden dan calon wakil presiden membawa secarik kertas ataupun gadget saat debat Pilpres 2019.

Hal itu dikatakan Wahyu menanggapi kisruh antar kubu Joko Widodo - Ma'ruf Amin dan Prabowo - Sandiaga Uno yang saling sindir terkait dua benda yang dibawa Maruf Amin dan Sandiaga saat debat ketiga Pilpres, Minggu kemarin. 

Menurut Wahyu publik akan lebih menilai kemampuan kandidat dalam menjelaskan suatu tema dalam debat. 

"Tidak ada larangan membawa catatan atau gadget dalam debat. Publik juga menilai kemampuan kandidat menjelaskan tema tertentu," kata Wahyu kepada wartawan, Senin (18/3/2019). 

Lebih lanjut, Wahyu mengungkapkan bahwasanya debat Pilpres itu diharapkan menjadi media untuk komunikasi politik antara kandidat dan masyarakat selaku pemilih. Sehingga, gagasan dan ide-ide yang disampaikan para kandidat itu jauh lebih penting. 

"Oleh karena itu kemampuan kandidat dalam komunikasi politik tersebut menjadi penting. Pada aihirnya publik lah yang akan menilai," ujarnya. 

Sebelumnya, Juru Bicara BPN Prabowo - Sandiaga Uno, Ferdinand Hutahaean mengkritik penampilan Maruf Amin yang membawa secarik kertas saat menjalani debat ketiga cawapres. Ferdinand menilai Ma'ruf Amin tidak paham masalah bangsa hingga harus menggunakan contekan.

"Waduhhhh...!! Sekedar bertanya saja harus dititip oleh pihak lain dengan membaca..! Sudahlah, tak pantas..!!," tulis Ferdinand dalam akun Twitter pribadinya @Ferdinand_Hutahaean pada Minggu (17/3/2019).

"Aduhhh..! Pak..! Itu Bang Sandi lagi ngomong, didengerin pak, jangan fokus ke contekan..!!," sambungnya.

Sementara itu, Juru Bicara TKN Jokowi - Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily mengungkapkan bahwa secarik kertas yang dibawa Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin saat debat ketiga hanya berisi soal pertanyaan. 

Ace menuturkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun tidak tidak melarang kandidat untuk membawa alat tulis kerja (ATK). Ace lantas mempersoalkan Sandiaga Uno yang justru menurutnya menggunakan gadget saat debat ketiga, Minggu (17/3) semalam.

"Kalau secarik kertas sih bahannya sangat-sangat terbatas. Yang lebih parah ya pakai gadget lah yang dapat memuat data lebih banyak lagi," tutur Ace.
 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS