WALHI: Isu Lingkungan Hidup Masih Jadi Isu Pinggiran di Debat Pilpres 2019

Pebriansyah Ariefana
WALHI: Isu Lingkungan Hidup Masih Jadi Isu Pinggiran di Debat Pilpres 2019
Cawapres nomor urut 01 K.H. Ma'ruf Amin dengan Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno saat mengikuti debat putaran ketiga di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3).[Suara.com/Arief Hermawan P]

Walhi pun berisiatif menyelenggarakan Rapat Akbar di Hall Basket GBK, Sabtu (23/3/2019).

Suara.com - Ketua Tim Adhoc Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Khalisah Khalid menyayangkan isu lingkungan hidup kurang diperhatikan sebagai tema penting dalam Debat Capres 2019.

Meski isu lingkungan sempat disinggung, namun tidak sampai menyentuh akar masalah. Isu lingkungan masih dianggap kalah penting dibandingkan dengan isu ekonomi.

"Kami melihat sampai sejauh ini isu lingkungan hidup masih jadi isu pinggiran, belum jadi isu pokok dalam momentum politik elektoral," kata Khalisah Khalid di Jakarta, Kamis (21/3/2019).

"(Isu lingkungan) tenggelam oleh isu ekonomi yang jadi isu dominan," lanjutnya.

Walhi pun berisiatif menyelenggarakan Rapat Akbar di Hall Basket GBK, Sabtu (23/3/2019) mendatang guna memberikan ruang untuk menggali masalah-masalah pokok terkait lingkungan hidup.

"Acara ini (Rapat Akbar) menunjukkan persoalan riil karena yang menyuarakan itu masyarakat yang mengalami konflik agraria atau kerusakan lingkungan," katanya.

Tujuan digelarnya Rapat Akbar ini di antaranya untuk mendorong agar isu lingkungan hidup menjadi prioritas bagi pemerintahan RI yang akan datang.

"Kami dorong isu-isu penyelamatan lingkungan, persoalan lingkungan ini agar jadi pengingat bagi pemerintahan dan bisa menjadi isu prioritas," katanya. (Antara)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS