Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Presiden Jokowi Salah Sedekap saat Salat?

Reza Gunadha
CEK FAKTA: Presiden Jokowi Salah Sedekap saat Salat?
[Facebook/Abraham Manulang]

"Sholat yang bener seharusnya lengan kiri yang didekap sama lengan kanan, bukan sebaliknya lengan kanan yang didekap lengan kiri," tulisnya.

Suara.com - Foto Presiden Jokowi tengah salat menjadi polemik di media-media sosial. Sebabnya, potret Jokowi salat itu dinilai tak wajar dan bahkan menyalahi tata cara bakunya.

Klaim yang diperiksa:

Akun Abraham Manulang di Facebook tanggal 21 Maret 2019 pukul 15.32 mengunggah foto Presiden Jokowi tengah khusyuk salat.

Namun, pada foto itu, cara Jokowi bersedekap tak selazimnya Muslim Sunni. Sebab, saat bersedekap, terlihat tangan kiri Jokowi berada di atas tangan kanannya.

Selain foto itu, akun Abraham Manulang juga memberikan tulisan keterangan sebagai berikut:

“Mohon tanggapannya melihat orang ini sholat dengan cara yang tidak lazim dan salah. Orang ini berarti islamnya……..?? sholat yang bener seharusnya lengan kiri yang didekap sama lengan kanan, bukan sebaliknya lengan kanan yang didekap lengan kiri, saya saja sebagai Mualaf mengerti masalah ini”.

Unggahan Abraham Manulang tersebut hingga kekinian sudah 5.379 kali disebar ulang.

[Facebook/Abraham Manulang]
[Facebook/Abraham Manulang]

Fakta:

Foto dalam unggahan Abraham Manulang itu dicomot dari milik Biro Pers Sekretariat Presiden.

Potret itu sendiri diproduksi oleh Biro Pers Setpres pada tahun 2016, saat Presiden Jokowi menunaikan salat Jumat di lapangan Taman Monas, Jakarta, Jumat (2/12/2016).

Pada foto aslinya, tak ada yang janggal saat Jokowi bersedekap. Tangan kanannya berada di atas tangan kirinya.

Sementara foto yang dibagikan oleh akun Abraham Manulang adalah hasil suntingan, yakni memakai efek reverse atau pembalikan secara vertikal.

[Facebook/Info Seputar Presiden/foto Biro Setpres]
[Facebook/Info Seputar Presiden/foto Biro Setpres]

Kesimpulan:

Akun Abraham Manulang memanipulasi gambar yang asli untuk melakukan penipuan.

Selain itu, akun Abraham Manulang juga menambahkan narasi pelintiran untuk membangun premis yang salah berdasarkan foto hasil suntingan.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS