Jelang Pemilu, TKN Rilis Aplikasi dan SMS Centre Untuk Saksi

Chandra Iswinarno | Fakhri Fuadi Muflih
Jelang Pemilu, TKN Rilis Aplikasi dan SMS Centre Untuk Saksi
Pimpinan TKN Jokowi - Maruf Amin gelar konferensi pers di Posko Pemenangan Rumah Cemara Jakarta, Selasa (16/4/2019) malam. [Suara.com/Fakhri Fuadi]

Lukman mengatakan saksi bisa melapor ke ke 90101. Layanan ini bertujuan sebagai pusat pelaporan, jika ditemukan kecurangan saat hari pencoblosan.

Suara.com - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi - Maruf Amin merilis aplikasi dan SMS centre untuk saksi di tempat pemungutan suara (TPS). Dua layanan tersebut diharapkan bisa membantu saksi dalam mengawasi jalannya Pemilu.

Hal tersebut dikatakan oleh Direktur Saksi TKN Jokowi - Maruf Amin, Lukman Edy saat konferensi pers jelang pemilu bersama pimpinan TKN. Lukman Edi mengatakan, aplikasi tersebut bernama jamin saksi dan sudah bisa diunduh di Playstore. Ia menyebut aplikasi itu sengaja disiapkan untuk 890 saksi kubu Jokowi - Maruf.

"Kami rilis laporan saksi melalui jamin saksi namanya bisa di download di Playstore. Memang ini salah satu infrastruktur yg kami siapkan untuk saksi 01 di 890 lebih seluruh Indonesia," ujar Lukman di Rumah Cemara Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (16/4/2019).

Untuk sms centre, Lukman mengatakan saksi bisa melapor ke ke 90101. Layanan ini bertujuan sebagai pusat pelaporan, jika ditemukan kecurangan saat hari pencoblosan.

Selain itu tujuannya juga untuk mengawal hasil penghitungan jadi bisa mengetahui jumlah suara di tiap TPS.

"SMS centre 90101, dalam rangka untuk memberikan jaminan suara 01 itu bisa terkawal dgn baik termasuk mengawal agar hasil pemilihan presiden itu first time kami sudah dapat merekapnya," kata Lukman.

Selain dua layanan untuk saksi tersebut, Lukman mengatakan TKN juga sudah menyiapkan exit poll atau survei pemungutan suara.

Namun, berdasarkan aturan terbaru dari Mahkamah Konstitusi (MK), exit poll tersebut akan dipublikasi diatas pukul 15.00 WIB bersamaan dengan lembaga survei lain.

"Kami sudah siapkan infrastruktur untuk exit poll, semoha bisa kami sampaikan ke publik bersamaan dengan quick count yang akan disiarkan lembaga-lembaga survei," pungkas Lukman.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS