Caleg Ratusan, Pemilih di Atas 50 Tahun Butuh Waktu 10 Menit di Bilik Suara

Dwi Bowo Raharjo
Caleg Ratusan, Pemilih di Atas 50 Tahun Butuh Waktu 10 Menit di Bilik Suara
TPS Kelurahan 20 Ilir, Kecamatan Ilir Timur 1, Palembang. (Suara.com/Andhiko Tungga Alam)

Warga ada yang hampir satu jam lebih menunggu, namun belum juga dipanggil petugas TPS di Palembang.

Suara.com - Banyaknya nama-nama Caleg DPR RI dan DPD yang tertera di surat suara membuat sebagian masyarakat sedikit kesulitan untuk mencermati satu persatu nama yang akan mereka coblos. Hal itu terjadi di TPS Kelurahan 20 Ilir, Kecamatan Ilir Timur 1, Palembang.

Pemilih yang telah berumur di atas 50 tahun, setidaknya memakan waktu sekitar 10 menit di bilik suara. Mereka terlihat sibuk membuka dan membolak balik surat suara yang sebelumnya diserahkan anggota KPPS setempat. Karena membutuhkan waktu yang lama itulah membuat warga terpaksa antre berjam jam di satu TPS.

"Sudah hampir satu jam lebih menunggu. Tapi belum juga dipanggil (petugas TPS). Padahal sudah sejak pagi tadi saya datang," kata M Ali (49), salah seorang pemilih yang mendapatkan formulir C6 di TPS 05, Rabu (17/04/2019).

Sementara warga lain, Anita Taurusia (56) mengaku kesulitan saat membuka lembaran surat suara saat ia berada di TPS. Banyaknya nama yang tertera itu membuatnya bingung meski ia akhirnya menemukan calon pilihan legislatifnya.

"Kertasnya lebar. Beda dengan surat suara capres - cawapres yang kecil. Lebih mudah. Apalagi biliknya juga dari kardus. Disenggol sedikit saja sudah goyah kardusnya," katanya dia sambil menunjuk jari kelingking bertinta ungu bukti ia telah menggunakan hak suaranya.

Sementara, Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengatakan hasil durasi dalam simulasi pencoblosan sebelumnya memakan waktu 4-5 menit untuk satu orang.

"Ternyata benar dan kurang lebih seperti itu," ujarnya.

Terkait laporan pengamanan Zulkarnain mengatakan belum menerim laporan adanya gangguan keamanan saat pencoblosan.

"Seperti tahun tahun sebelumnya, Sumsel tercatat sebagai daerah yang memiliki tingkat partisipan cukup tinggi dalam hal berdemokrasi," kata dia.

Kontributor : Andhiko Tungga Alam

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS