Ani Yudhoyono Pernah Masuk Makam Nabi Muhammad? Ini Jawaban 3 Saksinya

Rendy Adrikni Sadikin | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Ani Yudhoyono Pernah Masuk Makam Nabi Muhammad? Ini Jawaban 3 Saksinya
Iriana Jokowi umroh

Nursamad Kamba menyebut, Ani Yudhoyono sudah masuk makam nabi terlebih dahulu.

Suara.com - Sastrawan Candra Malik menyampaikan klarifikasi tentang kabar bahwa Ibu Negara Iriana Jokowi menjadi perempuan pertama yang diizinkan masuk ke makam Nabi Muhammad SAW. Ia menuliskannya melalui utas Twitter, Rabu (17/4/2019).

"Pada Selasa 16 April 2019, saya posting pernyataan Dubes Indonesia di Saudi Arabia di @Metro_TV bahwa Ibu Iriana perempuan pertama yang diizinkan masuk ke makam Nabi SAW. Syekh @mnkamba menanggapi tweet saya, dengan mohon cek," tulis Candra Malik.

Pada cuitan pertamanya itu, ia mengunggah tangkapan layar kicauan ahli tasawuf Muhammad Nursamad Kamba, yang berbunyi, "Mohon dicek lagi Gus, Ibu Ani Yudhoyono ikut mendampingi Presiden @SBYudhoyono masuk makam Nabi Muhammad SAW bulan Mei 2006 heuheu."

Karena menghormati respons tersebut, apalagi disampaikan dengan santun, Candra Malik kemudian mencari tahu kebenaran kabar itu. Ia mengaku telah menghubungi empat narasumber: Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, Pemimpin Redaksi Koran Tempo Toriq Hadad, aktivis Yenny Wahid, dan pendiri Detik.com Budiono Darsono.

Candra Malik menyebutkan, seluruhnya, kecuali Agus Maftuh Abegebriel, ikut umrah dengan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan istrinya, Ani Yudhoyono, pada 2006.

Keempat narasumber itu diberi pertanyaan yang sama oleh candra Malik, yang menurut penuturannya sesuai dengan arahan Syekh Nursamad Kamba, yakni "Ibu Ani SBY (ikut) masuk ke Al Hujrah Asy Syarifah, makam Kanjeng Nabi SAW?"

Berdasarkan keterangan Candra Malik, Agus Maftuh Abegebriel menjawab 'tidak', sama seperti Toriq Hadad dan Yenny Wahid.

"1. Dubes Agus Maftuh Abegabriel menjawab: Kalau kita lihat video Pak SBY, tak terlihat Ibu Ani. Ibas ada. Waktu masuk kakbah ada Ibu Ani.

2. Toriq Hadad Tempo menjawab: Saya ada di situ tahun itu bersama SBY. Bu Ani, Yenny Wahid, dan rombongan yang perempuan TIDAK masuk makam Nabi.

3. Yenny Wahid menjawab: Kayaknya enggak. Seingatku sih di pintu makam ya. Yang jelas kita semua masuk kakbah. Yang saya ingat kita sangat leluasa berdoa di Raudlah," tulis Candra Malik di Twitter.

Sedangkan narasumber keempat, Budiono Darsono, tidak memberikan jawaban pasti setelah Candra Malik mengajukan pertanyaan yang sama.

"Budiono Darsono Detikcom menjawab: Lali tenan/lupa beneran, 13 tahun lalu. Wah itu video autentik (komen setelah nonton video dokumen)," cuit pengasuh Pondok Pesantren Asy-Syahadah di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah itu.

Dalam kicauan yang menunjukkan jawaban Budiono Darsono, Candra Malik menyertakan tangkapan layar berita Detik.com yang menyebut, "Saat SBY di Raudlah, giliran rombongan Ibu Ani Bambang Yudhoyono dan rombongan perempuan berada di dalam ruang makam nabi," dengan garis bawah pada frasa 'di dalam ruang makam nabi'.

Pada akhir utasnya, Candra Malik menuliskan lagi masing-masing pernyataan terkait kabar Ani Yudhoyono masuk makam nabi, yang, jika benar, berarti Iriana Jokowi bukan perempuan pertama di sana.

"Demikian pengecekan saya, Syekh @mnkamba Detikcom menulis Ibu Ani SBY "masuk makam", Tempo menulis "di pintu makam", Antara menulis "tidak masuk". Wallahu a'lam bisshawab.

Mohon maaf tweet saya menimbulkan kegaduhan. Terima kasih, Syekh. Salam hormat! Semoga sehat selalu, nggih," tutupnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS