Politikus Gerindra Ungkap Asal Angka 62 dan 54 Persen yang Diklaim Prabowo

Rendy Adrikni Sadikin | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Politikus Gerindra Ungkap Asal Angka 62 dan 54 Persen yang Diklaim Prabowo
Calon Presiden 02 Prabowo Subianto saat memberi sambutan saat menggelar acara yang bertajuk Mengungkap Fakta-Fakta kecurangan Pilpres 2019 di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (14/5). [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Riza Patria mengatakan, deklarasi kemenangan menurut penghitungan internal adalah hak peserta pemilu.

Suara.com - Persentase perolehan suara paslon 02 Prabowo-Sandiaga sempat menimbulkan perdebatan di antara anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga. Juru bicara BPN Ahmad Riza Patria pun membeberkan asal angka 62 persen dan 54 persen yang disebut dalam klaim kemenangan Prabowo.

Ia membeberkan asal angka tersebut setelah ditanyai oleh Rosianna Silalahi dalam programnya di KompasTV, Rosi, yang ditayangkan secara langsung pada Kamis (16/5/2019) malam.

"Pak Prabowo sudah menyatakan menang pemilu. Paling tidak yang tercatat sudah empat kali Pak Prabowo menyatakan menang pemilu," ujar Rosianna Silalahi.

"Pertama di 17 April mengatakan 62 persen, dan kemudian ada 54 persen. Berapa pun angkanya pasti tapi Pak Prabowo-Sandi itu pasti menang," lanjutnya.

Riza Patria lalu menyebutkan dua sumber yang berbeda untuk kedua angka yaang berbeda itu.

"Saya ingin menjelaskan lebih awal, 62 persen itu masuk berdasarkan SMS yang masuk, 54,24 persen yang kemarin diumumkan itu berdasarkan C1 yang masuk sejumlah 54,91 persen," katanya.

"Memang belum 100 persen yang masuk, tapi basisnya sudah berdasarkan C1 yang kami terima, kami verifikasi, kami validasi. Itulah hasilnya," tambah Ketua DPP Partai Gerindra itu.

Dirinya juga mengatakan bahwa deklarasi kemenangan berdasarkan hasil penghitungan timses itu merupakan hak dari masing-masing peserta pemilu.

"Apakah boleh mengumumkan? Hak kami, hak juga 01, hak Partai Nasdem sekian persen, Gerindra sekian persen. Itu hak kami. Maka itu kami sampaikan di forum kemarin beberapa hari lalu," terangnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS