Aksi Ibu-ibu Bagikan Konsumsi ke Polisi Saat Rusuh Demo Bawaslu

Bangun Santoso | Fakhri Fuadi Muflih
Aksi Ibu-ibu Bagikan Konsumsi ke Polisi Saat Rusuh Demo Bawaslu
Aparat kepolisian masih bersiaga di depan Kantor Bawaslu, Jakarta. [Antara]

Warga yang terdiri dari para ibu-ibu itu membagikan berbagai makanan dan minuman konsumsi kepada aparat usai memukul mundur massa perusuh

Suara.com - Personel gabungan TNI-Polri akhirnya ditarik kembali ke Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Hal itu dilakukan usai polisi berhasil memukul mundur massa rusuh di Jalan Wahid Hasyim arah Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019) dini hari.

Petugas berjalan sembari berjaga dari serangan menuju Bawaslu. Selama perjalanan, terlihat beberapa warga membagikan sejumlah konsumsi kepada petugas TNI dan Polri yang melintas.

Warga yang terdiri dari beberapa ibu-ibu itu membagikan pisang, roti, dan minuman kemasan. Setelah membagikan konsumsi, Polisi meminta kepada warga untuk kembali ke rumahnya karena rusuh baru mereda.

Sebelumnya, setelah sempat membubarkan diri pada Selasa (21/5) malam sekitar pukul 20.30 WIB, massa ada yang kembali berkonsentrasi di depan Gedung Bawaslu pada pukul 21.30 WIB dan melakukan orasi-orasi.

Namun bukan hanya orasi, para peserta aksi demonstrasi juga sempat merusak pagar barikade.

Sekitar pukul 22.15 WIB, massa dimediasi oleh Wakapolres Jakarta Pusat AKBP Arie Ardian, namun massa terus bersikap provokatif bahkan menantang petugas.

Akhirnya sekitar pukul 22.35 WIB polisi menindak tegas dengan melakukan penghalauan massa ke arah Jalan Wahid Hasyim.

Aktivitas demonstrasi di depan Bawaslu-pun akhirnya dapat dibubarkan seluruhnya pada pukul 22.45 WIB dan massa akhirnya berkumpul dan bertahan di Jalan Wahid Hasyim (arah Tanah Abang dan Gondang Dia), Bundaran HI, juga ke arah Monas.

Dari informasi yang didapatkan Antara di lokasi bertahannya massa, mereka dapat dipukul mundur ke Underpass Pasar Grosir Tanah Abang, Gondang Dia, Jalan Sabang dan Bundaran HI.

Bahkan beberapa kelompok massa menggunakan batu dan bom molotov untuk menahan laju petugas keamanan. Terlihat beberapa kali mobil ambulans juga lalu lalang.

Sesampainya di Bawaslu, petugas beristirahat sambil menyantap sahur. Namun mereka diminta tetap siaga di depan kantor Bawaslu mengantisipasi rusuh berulang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS