Jokowi Kebut Proyek Infrastruktur di Provinsi Lumbung Suaranya saat Pilpres

Dwi Bowo Raharjo | Ummi Hadyah Saleh
Jokowi Kebut Proyek Infrastruktur di Provinsi Lumbung Suaranya saat Pilpres
Presiden Jokowi. (Antara)

Jokowi tindaklanjuti usulan kepala daerah di enam provinsi.

Suara.com - Presiden Jokowi akan menindaklanjuti permintaan sejumlah kepala daerah terkait percepatan pembangunan infrastruktur di enam provinsi di Indonesia.

Uniknya, keenam daerah tersebut merupakan lumbung suara pasangan Jokowi - Maruf Amin pada Pilpres 2019.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan enam wilayah tersebut yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Papua.

"Beberapa waktu lalu, Pak Presiden mengundang pemerintah daerah, gubernur, bupati, wali kota di enam provinsi, mau dilanjutkan lagi," ujar Basuki seusai rapat terbatas di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/6/2019).

Basuki menuturkan, Gubernur Papua Lukas Enembe misalnya, sudah bertemu Jokowi untuk meminta percepatan pembangunan fasilitas arena olahraga.

Fasilitas arena olahraga itu diminta Lukas dikebut sehingga bisa dipakai saat Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2020 di daerah tersebut.

Untuk wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah, Jokowi akan fokus pada pembangunan infrastruktur penunjang investasi.

Kemudian ada usulan membangun pintu keluar tol baru di Magetan dan Ngawi, demi memicu kawasan-kawasan industri baru.

"Nah itu harus kita penuhi," ucap dia.

Presiden Jokowi, kata Basuki, akan melakukan pengawasan tindaklanjut para menteri terkait permintaan gubernur-gubernur keenam daerah tersebut.

"Beliau (Jokowi) memonitor proses yang diusulkan pak gubernur, bupati dan wali kota yang di Jateng, Jatim, Sulut, Bali, NTT, dan Papua," ucap dia.

Meski demikian, Basuki membantah usulan terkait mempercepat pembangunan infrastruktur di enam daerah tersebut karena pada Pilpres 2019 mereka telah memenangkan Jokowi - Maaruf.

"Bukan, beliau mau meneruskan mengundang yang lain (daerah lain). Ini moment tadi dibikin sambil dibuat jadwal untuk memanggil gubernur dan walikota yang lain, semua sama, tadi Pak Setkab langsung diminta bikin jadwal undang lagi (daerah lain)," tandasnya.

Jokowi - Maruf Menang di 6 Provinsi Tersebut

Berdasarkan rekapitulasi suara KPU RI, di Provinsi Jawa Tengah pasangan Jokowi - Maruf dapat 16,8 juta suara. Di Provinsi Jawa Timur 16,2 juta.

Untuk di Provinsi Papua Jokowi - Maruf dapat 3,02 juta suara. Sedangkan di NTT Jokowi - Maruf dapat 2,3 juta suara. Terakhir di Bali, Jokowi - Maruf mendapat 2,3 juta suara.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS