Jadi Kandidat Kuat, Mabes Polri Yakin Basaria Kembali Jadi Pimpinan KPK

Agung Sandy Lesmana | Stephanus Aranditio
Jadi Kandidat Kuat, Mabes Polri Yakin Basaria Kembali Jadi Pimpinan KPK
Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan. (Suara.com/Dwi Bowo Raharjo)

"Masih ada peluang lagi kan bu Basariah, bu Basariah yakin bisa terpilih kembali. Sangat ketat loh, bu Basaria kemungkinan meemiliki peluang yang cukup besar." kata Dedi.

Suara.com - Mabes Polri merasa masih berpeluang untuk kembali menduduki satu posisi di kursi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2019-2023. Nama Irjen (Purn) Basaria Panjaitan yang kembali maju Capim KPK salah satu kandidat dari Korps Bhayangkara.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo mengaku sangat optimistis jika Basaria akan kembali menjabat sebagai pimpinan KPK.

"Masih ada peluang lagi kan bu Basariah, bu Basariah yakin bisa terpilih kembali. Sangat ketat loh, bu Basaria kemungkinan meemiliki peluang yang cukup besar," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (12/7/2019).

Diketahui, Basaria merupakan srikandi dari intitusi Poli yang berhasil menduduki kursi kepemimpinan di KPK atas rekomendasi Polri pada 2015.

Ia menjadi perempuan pertama yang mengisi jabatan tersebut. Selepas dilantik menjadi salah satu komisioner KPK, Basariah memilih untuk purna tugas di kepolisian.

Namun demikian, Dedi mengklaim Polri tidak mempunyai target khusus agar bisa mendapatkan kursi pimpinan KPK. Dia mengaku nama-nama perwira tinggi Polri yang maju Capim KPK merupakan orang-orang pilihan.

"Kalau target enggak ada itu kan kewenangan pansel, yang jelas yang ditunjuk ini kan orang-orang terpilih, itu kewenagan pansel, yang jelas Polri sudah mempersiapkan pati-pati, ini Pati yang terbaik, yang memiliki komitmen dan intergitas yang tinggi. Monggo Pansel yang memilih dengan menggunakan mekanimse Pansel," kata dia.

Diketahui, ada sebelas nama perwira tinggi Polri yang direkomendasikan untuk mengikuti seleksi capim KPK, telah lolos pada tahap pertama. Dari 11 nama tersebut, di antaranya Wakabareskrim Irjen Antam Novambar, dan Staf Ahli Kapolri Irjen Ike Edwin.

Nama-nama lainnya, yakni Irjen Dharma Pangrekun, pati Bareskrim Polri di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan Brigjen M Iswandi Hari yang ditugaskan di Kemenakertrans. Brigjen Bambang Sri Herwanto dari Sespim Lemdiklat Polri, Kepala Biro Penyuluhan Hukum Mabes Polri, Bigjen Agung Makbul, dan Irjen Juansih yang kini menjabat Analisis Kebijakan Polri Bidang Pendidikan dan Pelatihan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS